Mudik-Balik Lebaran Idul Fitri, Daop 4 Semarang Layani 430 Ribu Pelanggan

Taufik Budi
Mudik-Balik Lebaran Idul Fitri, Daop 4 Semarang Layani 430 Ribu Pelanggan (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1444 H, sebanyak 430 ribu orang pilih naik kereta api. Mereka tercatat dalam rentang waktu 19 hari pelaksanaan posko Angkutan Lebaran Tahun 2023.

Pada periode itu PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang melayani total 430.287 pelanggan KA atau rata-rata 20.490 pelanggan per hari. Jumlah pelanggan di periode Lebaran ini meningkat 36% dibanding periode yang sama pada Angkutan Lebaran Tahun 2022, yakni sebanyak 314.547 pelanggan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan posko Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. Dengan meningkatnya jumlah penumpang, KAI akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan di tahun 2023 ini,” ujar Kepala Daop 4 Semarang KAI, Wisnu Pramudyo.

Wisnu mengatakan, meski ada peningkatan dibanding Lebaran tahun 2022, jumlah pelanggan yang KAI layani hanya 81% dibanding masa periode sebelum Pandemi yaitu masa Lebaran 2019 sebanyak 530.127 pelanggan.

Puncak volume pelanggan pada periode Lebaran 2023 di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Selasa 25 April 2023 sebanyak 29.945 pelanggan, dan pada Senin 1 Mei 2023 sebanyak 28.033 pelanggan. Rute Kereta Api yang menjadi favorit masyarakat pada periode Lebaran ini adalah Semarang-Jakarta pp, Semarang-Surabaya pp, Tegal-Jakarta pp, dan Semarang-Bandung pp.

Adapun 5 stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dengan volume penumpang tertinggi selama periode 12 April sampai dengan 2 Mei 2023 meliputi Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah penumpang yang naik sebanyak 116.876 pelanggan, diikuti Stasiun Semarang Tawang dengan jumlah 114.014 pelanggan, Stasiun Tegal dengan jumlah 66.104 pelanggan, Stasiun Pekalongan dengan jumlah 45.951 pelanggan, dan Stasiun Cepu dengan jumlah 21.053 pelanggan.

 Wisnu mengatakan, keberhasilan dalam melayani pelanggan di periode Lebaran 2023 ini tak lepas dari peran seluruh insan KAI dan kolaborasi dengan seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yang mengutamakan pelayanan dan keselamatan.

 “Terima kasih juga kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama periode Lebaran 2023 ini. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan di tahun 2023,” tutup Wisnu.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network