get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Cukur Gratis Anak Yatim, Ngatman Sukses Kembangkan Atfa Barbershop hingga Buka Cabang

Jum'at, 27 September 2024 | 09:39 WIB
header img
Cukur Gratis Anak Yatim, Ngatman Sukses Kembangkan Atfa Barbershop hingga Buka Cabang (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Teriknya matahari siang tak menghalangi langkah seorang anak yatim berusia sekitar 7 tahun yang datang ke Atfa Barbershop di Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Tanpa ditemani siapa pun, rambutnya gondrong berantakan, dan wajahnya tampak canggung. “Saya mau cukur rambut,” ujarnya perlahan kepada Ngatman, pemilik barbershop tersebut.

Ngatman, terenyuh mendengar cerita anak tersebut yang mengaku sudah tidak memiliki orang tua. Peristiwa itu terjadi pada tahun 2020 dan sejak saat itu, Ngatman tergerak untuk memberikan layanan pangkas rambut gratis setiap hari Jumat bagi anak-anak yatim. "Saya pikir, berapa banyak anak seperti dia yang butuh jasa saya? Maka saya ingin berbagi lebih banyak lagi," kenang Ngatman.

Selain untuk anak yatim, Ngatman juga memperluas aksi sosialnya dengan memberikan pelatihan keterampilan cukur rambut bagi pengangguran dan remaja putus sekolah. Tujuannya sederhana: membantu mereka mendapatkan keterampilan untuk mencari pekerjaan atau memulai usaha sendiri. "Pelatihan ini saya adakan agar mereka bisa punya bekal untuk mandiri," katanya.

Program pelatihan gratis yang dimulai secara mandiri itu, kini berkembang lebih luas melalui kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Lembaga Kursus Pelatihan IMMA (LKP IMMA). "Kami memulai dengan proposal ke Disnaker dan akhirnya bisa bekerja sama secara resmi dengan LKP IMMA," jelas Ngatman.

Apa yang dilakukan Ngatman bukan hanya bentuk kepedulian sosial, namun juga bagian dari strategi marketing untuk mengembangkan usahanya. "Dengan memberi cukur gratis dan pelatihan, banyak yang akhirnya tahu tentang usaha saya dan mendukung. Ini jelas mendatangkan pelanggan," ujarnya bangga.

Kini, berkat strategi tersebut, Atfa Barbershop yang dirintis sejak 2018 sudah memiliki tiga cabang di Kabupaten Kendal. "Cabang pertama di Desa Dempelrejo, cabang kedua di LKP IMMA, dan yang ketiga di Jalan Raya Kangkung," lanjut Ngatman.

Kesuksesan Ngatman semakin diperkuat dengan keikutsertaannya dalam Pertamina UMK Academy 2024. "Pelatihan ini memberikan saya banyak ilmu, terutama bagaimana promosi, go digital, dan melayani pelanggan dengan baik," jelasnya. Ngatman berharap, ilmunya bisa membawa Atfa Barbershop berkembang lebih jauh dan membuka lebih banyak cabang di masa depan.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut