get app
inews
Aa Read Next : Diduga Hina Presiden Jokowi, Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Situasi Sulit! Presiden Jokowi: Kita Harus Memiliki Sense of Crisis

Kamis, 28 April 2022 | 13:03 WIB
header img
Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak terutama masyarakat untuk memiliki sense of crisis dalam menghadapi situasi serba tidak pasti seperti saat ini. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional yang digelar secara daring, Kamis (28/4/2022).

BACA JUGA:

Terjaring OTT KPK, Bupati Bogor Ade Yasin: Saya Dipaksa Bertanggung Jawab

"Hati-hati semuanya, semuanya kita harus memiliki sense of crisis. Jangan seperti biasanya, jangan bisnis as usual. Hati-hati sense of crisis harus ada di kita semuanya. Sehingga kita harus ada perencanaan yang baik harus ada skenario yang pas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Awalnya Jokowi memberikan gambaran mengenai dampak dari pandemi Covid-19 dan perang antara Rusia dan Ukraina. Akibat hal tersebut memunculkan krisis yang berakibat pada naiknya inflasi global.

BACA JUGA:

AM Hendropriyono Sakit DBD Dirawat di RSPAD

 

 

Dijelaskan Jokowi, inflasi global meningkat tajam dan pertumbuhan ekonomi global juga akan mengalami perlambatan. Inflasi yang paling tinggi terjadi di Turki dengan angka 61,1 persen dan Amerika Serikat sudah 8,5 persen.

"Negara kita Alhamdulillah masih berada terakhir masih berada di angka 2,6 persen. Ini yang harus bersama-sama kita perbaiki kita pertahankan," ujarnya.

BACA JUGA:

Anak-Anak Jadi Pelaku Kriminal, Bawa Senjata Tajam hingga Racik Mercon

Maka dari itu, kata Jokowi, perlunya sense of crisis bagi semua pihak terutama pemerintah pusat dan daerah untuk membuat langkah antisipatif.

"Saya memberikan gambaran seperti ini agar kita semua waspada, betul-betul mengalkulasi, menghitung secara detail sehingga langkah antisipasinya tepat, langkah antisipasinya betul benar, dan kita harus betul-betul siap jika krisis ini berlanjut hingga tahun depan," ucapnya.

BACA JUGA:

Polisi Terjunkan Drone Pantau Arus Mudik di Jalur Selatan

 

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut