4 Daerah Langganan Banjir Rob Mulai Semarang hingga Jakarta

Tika Vidya Utami
4 Daerah Langganan Banjir Rob Mulai Semarang hingga Jakarta (Ist)

JAKARTA – Daerah langganan banjir rob mulai dari Semarang hingga Jakarta sangat mengganggu masyarakat. Banjir rob merupakan fenomena air laut meluap ke daratan hingga menggenangi permukiman dan jalan.

Banjir rob ini dapat diartikan sebagai genangan air pada bagian daratan pantai yang terjadi saat air laut pasang. Faktor terjadinya banjir rob, antara lain karena fenomena iklim global, juga intensitas hujan tinggi yang mengakibatkan aliran saluran serta fungsi tanggul yang tidak maksimal. Fenomena banjir rob kerap terjadi di Indonesia.

Berikut daerah yang kerap mengalami banjir rob:

1. Semarang

Kota Semarang, khususnya Semarang Utara, kerap menjadi langganan banjir rob. Pada Senin (23/5/2022), banjir rob besar terjadi wilayah Tanjung Emas. Hal ini terjadi setelah penahan air laut jebol. Kedalaman banjir rob mencapai ketinggian 1,5 meter di wilayah Lamacitra, 55 sentimeter di Jalan Coaster, 50 sentimeter di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Ampenan, dan 40 sentimeter di Jalan M Pardi.

Tim BPBD Jawa Tengah pun membantu proses evakuasi pegawai menggunakan perahu di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas.

2. Kendal

Wilayah di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang kerap mengalami banjir rob adalah Kelurahan Bandengan, Karangsari, Desa Kartika Jaya dan Desa Mororejo. Pada Senin, (23/5/2022) di wilayah pesisir pantai Desa Mororejo mengalami banjir rob yang tinggi. Diketahui, saat itu air rob mencapai 110 sentimeter.

Akibat banjir rob, sejumlah mengungsi dengan bantuan BPBD Kabupaten Kendal. Terkait dengan persoalan banjir rob, Pemerintah Kabupaten Kendal mengupayakan program pembangunan KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) segera dilakukan di pesisir pantai lainnya di Kabupaten Kendal.

3. Pekalongan

Kampung Bugisan, Kelurahan Panjangwetan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah menjadi wilayah langganan banjir rob sejak tujuh tahun terakhir. Banjir rob mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Pada 11 Oktober 2022, banjir rob kembali mendatangi wilayah ini. Sejak dua bulan terakhir, banjir rob hampir setiap hari masuk ke permukiman warga dengan ketinggian 30-50 sentimeter.

Guna mengatasi banjir rob, telah dibanggu tanggul pantai untuk menghalau gelombang air laut. Namun hingga 2021, pembangunan tanggul masih dibangun sepanjang 400 meter. Pada 2022, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Dinas Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah kembali melanjutkan pembangunan tanggul sepanjang 700 meter. Pembangunan tanggul laut sepanjang 700 meter tersebut menggunakan bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2022 senilai Rp12,75 miliar.

4. Jakarta

Wilayah pesisir utara Jakarta, meliputi Jakarta Utara maupun Kepulauan Seribu, kerap menjadi langganan banjir rob. Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, banjir rob di Jakarta terjadi karena sejumlah faktor, mulai dari cuaca yang tidak menentu, perubahan iklim, hingga penurunan muka tanah di Jakarta Utara.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SA) sudah menganggarkan Rp4 triliun untuk pengendalian banjir di Jakarta, baik di hulu maupun hilir pada 2022. 

Banjir rob yang terjadi di sepanjang pesisir pantura mulai Semarang, Kendal, dan Pekalongan, termasuk Jakarta menjadi permasalahan warga. Mereka tak dapat beraktivititas secara normal karena dilakukan di atas genangan banjir. 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network