MUI Soroti Ceramah Abuya Mama Ghufron: Klaim Bisa Bahasa Semut dan Bicara dengan Malaikat

Avirista MIdaada
MUI Soroti Ceramah Abuya Mama Ghufron: Klaim Bisa Bahasa Semut dan Bicara dengan Malaikat (Ist)

MALANG, iNewsJoglosemar.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang menyoroti ceramah Abuya Mama Ghufron, seorang tokoh agama yang mengaku bisa berbahasa semut dan berbicara dengan malaikat. Ceramah yang viral ini telah mendapat perhatian serius dari MUI, yang telah menurunkan tim kajian sesuai instruksi dari MUI pusat untuk meneliti kebenaran klaim tersebut.

Ketua MUI Kabupaten Malang, KH Misno Fadhol Hija, menyatakan bahwa pihaknya telah beberapa kali mengkaji ceramah Abuya Mama Ghufron dan bahkan mengunjungi lokasi Pondok Pesantren (Ponpes) UNIQ Nusantara di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, untuk memastikan kebenaran informasi.

"Yang menjadi perhatian MUI adalah video ceramahnya, bukan status pondok pesantrennya. Informasi awal berasal dari media sosial, sementara di daerah setempat sendiri tidak ada kehebohan," ujar KH Misno Fadhol Hija saat dikonfirmasi, Rabu (10/7/2024).

Dari unggahan video yang viral, MUI Kabupaten Malang berusaha memastikan apakah video tersebut asli atau telah ditambahkan elemen-elemen lain. Hasil kajian menunjukkan bahwa ada beberapa video ceramah yang tidak sesuai dengan pandangan MUI, seperti klaim berbicara dalam bahasa semut dan percakapan dengan malaikat.

"Kesimpulannya ada penyimpangan dalam ceramah Abuya Mama Ghufron. Namun, untuk rincian poin-poinnya, saya tidak hafal dan meminta untuk menanyakan langsung ke tim MUI Kabupaten Malang yang mengkaji ceramah tersebut," jelas Fadhol Hija.

MUI Kabupaten Malang telah menginventarisasi ceramah yang menuai pro kontra tersebut. Terdapat sepuluh poin hasil investigasi yang disusun dari laporan MUI kecamatan dan pertemuan dengan MUI pusat pada tanggal 6 Juli 2024. Dari sepuluh poin kriteria MUI, banyak yang menunjukkan adanya penyimpangan dalam ceramah Abuya Mama Ghufron.

Menurut Fadhol Hija, pihak Abuya Mama Ghufron belum bisa ditemui oleh MUI untuk klarifikasi. Tim MUI hanya ditemui oleh tujuh pengurus dan santri dari Abuya Ghufron. Meski pihak Abuya Mama Ghufron telah memberikan klarifikasi melalui media sosial YouTube, substansi yang dipermasalahkan MUI belum terjawab.

"Malamnya, mereka mengeluarkan video di YouTube, tetapi isinya tidak menjawab substansi masalah yang dipermasalahkan MUI. Jawaban mereka hanya seputar status pondok pesantren, aqidah ahlussunah waljamaah, dan maturidiyah," tambahnya.

"Sementara isi konten video ceramah belum tersentuh. Kami belum bisa bertemu langsung dengan Abuya Mama Ghufron, hanya tujuh orang santri atau juru bicaranya yang menemui kami. Masih perlu tindak lanjut untuk pertemuan langsung," kata Fadhol Hija lagi.

Sebelumnya, Ponpes UNIQ Nusantara menjadi perhatian publik setelah ceramah Abuya Mama Ghufron, yang bernama asli Abdul Ghufron Al Bantani, disebut kontroversial. Dalam ceramahnya, Abuya Mama Ghufron mengaku bisa berbahasa Suryani, berbicara dengan semut, hingga menjadi penjaga neraka.

Video ceramah tersebut diduga telah dipotong-potong oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan disebarluaskan di media sosial. Potongan video ini berasal dari ceramah dan kajian agama yang rutin diadakan di Ponpes UNIQ Nusantara, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network