Petir Tantang KPK Ungkap 4 Nama Tersangka, Buntut Penggeledahan Kantor Wali Kota Semarang

Taufik Budi
Petir Tantang KPK Ungkap 4 Nama Tersangka, Buntut Penggeledahan Kantor Wali Kota Semarang (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Ketua LBH PETIR (Penyambung Titipan Rakyat) Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengungkap nama empat tersangka dugaan korupsi di Pemerintah Kota Semarang. Dengan turunnya tim KPK ke Semarang dan melakukan penggeledahan di ruang kerja Wali Kota serta beberapa OPD, sudah jelas terdapat indikasi korupsi.

"Itu sudah jelas ada korupsi dan tinggal menyebutkan empat nama. Sudah proses penyidikan pasti sudah ada calon tersangkanya. Langsung sebutkan namanya saja," jelas Zainal dalam keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).

Zainal mendesak KPK untuk segera mengungkapkan nama-nama tersebut agar kasusnya tidak "menguap". Dia beralasan, kalau KPK tidak segera mengumumkan, dikhawatirkan akan ada intervensi pihak luar.

“Saya minta KPK segera umumkan empat nama tersangka. KPK harus transparan. Jangan sampai KPK tidak dipercaya lagi oleh masyarakat," tantang Zainal yang juga mantan Wakil Ketua Komisi Informasi Jawa Tengah.

Zainal menambahkan bahwa KPK mestinya tidak hanya berputar-putar dalam jumpa pers tentang pencekalan saja. Namun, tak kunjung mengumumkan empat tersangka sehingga menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Wes ceto welo-welo, katanya dua penyelenggara negara dan dua pengusaha. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme menjelaskan bahwa penyelenggara negara kalau tidak kepala daerah ya anggota dewan. Sudah jelas kan? Apalagi KPK dalam menjalankan tugas dan kewenangan berasaskan keterbukaan dan kepastian hukum. Ayo tunjuk nama dan langsung ditahan, jangan bertele-tele," ujar Zainal.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network