SEMARANG, INEWSJOGLOSEMAR.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengimbau penumpang kereta api untuk mengatur waktu perjalanan menuju Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dan Stasiun Semarang Poncol pada Minggu, 4 Mei 2025.
Imbauan ini disampaikan untuk mengantisipasi potensi kemacetan lalu lintas yang diperkirakan terjadi sore hingga malam hari akibat diselenggarakannya Semarang Night Carnival (SNC) 2025.
Semarang Night Carnival merupakan acara karnaval terbesar di Kota Semarang yang menampilkan parade kostum, seni budaya, dan iringan musik meriah. Tahun ini, SNC 2025 akan digelar Minggu, 4 Mei 2025 mulai pukul 18.00 WIB, dengan rute dari Titik Nol Kilometer Semarang menuju Balai Kota.
Seiring pelaksanaan karnaval tersebut, diprediksi akan terjadi lonjakan volume kendaraan di pusat kota. Bahkan, sejumlah ruas jalan menuju dua stasiun utama di Semarang berpotensi terkena rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup jalan.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengingatkan penumpang untuk datang lebih awal agar tidak tertinggal kereta.
“Kami mengimbau kepada para pelanggan yang akan bepergian menggunakan kereta api pada 4 Mei 2025, khususnya pada sore hingga malam hari, agar memperhitungkan potensi kemacetan dan datang lebih awal ke stasiun. Jika sampai tertinggal kereta karena terlambat datang, tentu itu akan merugikan penumpang sendiri,” ujarnya.
Franoto menegaskan, jika penumpang terlambat dan keretanya sudah berangkat, maka tiket yang dimiliki akan dinyatakan hangus sesuai aturan yang berlaku.
Selain itu, pelanggan juga diminta untuk selalu memeriksa jadwal keberangkatan yang tertera di tiket dan memastikan waktu tiba di stasiun sudah sesuai.
“Kami ingin seluruh pelanggan dapat menikmati perjalanan yang lancar dan aman. Oleh karena itu, kami harap tidak ada penumpang yang terlambat dan tertinggal kereta akibat terjebak kemacetan,” tambahnya.
KAI Daop 4 Semarang juga mengingatkan agar penumpang tidak membawa barang bawaan berlebihan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [cs@kai.id](mailto:cs@kai.id), atau media sosial KAI121.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait