get app
inews
Aa
Read Next : Haru! Kapolda Minta Maaf: Operasi Ketupat Terakhir

Pasukan Lengkap dan Anjing Pelacak Amankan Arus Mudik Nataru di Stasiun KA

Kamis, 22 Desember 2022 | 16:53 WIB
header img
Pasukan Lengkap dan Anjing Pelacak Amankan Arus Mudik Nataru di Stasiun KA (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan total 280 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan untuk menjamin keselamatan penumpang pada masa Angkutan Nataru. Rinciannya adalah 122 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 133 personel Security, dan 25 personel tambahan dari TNI/Polri.

Selain itu, pengamanan di stasiun juga akan diperkuat dengan adanya K9 atau anjing pelacak yang akan beroperasi di Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Ratusan petugas pengamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan. Di samping itu, para petugas pengamanan juga tetap akan menegakkan protokol kesehatan bagi seluruh pelanggan di stasiun dan selama perjalanan.

“KAI sebagai salah satu moda utama transportasi nasional pada masa libur Natal dan Tahun Baru, berkomitmen memastikan perjalanan menggunakan kereta api berlangsung dengan aman, nyaman, dan penuh kegembiraan,” kata Direktur SDM dan Umum KAI Suparno saat Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023, di Stasiun Semarang Tawang, Kamis (22/12/2022).

Suparno menegaskan, bahwa keselamatan dan keamanan kereta api menjadi prioritas utama. KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Di samping itu, KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut