get app
inews
Aa Read Next : Satpam Kembalikan Emas 500 Gram Milik Penumpang di Stasiun Tawang, Kapolda Jateng Beri Pujian

Karateka Cantik Amankan Arus Mudik Kereta Api di Semarang

Jum'at, 14 April 2023 | 11:53 WIB
header img
Karateka Cantik Amankan Arus Mudik Kereta Api di Semarang (Foto: iNews/Taufik Budi)

"Selanjutnya adalah kita harus mematuhi SOP (standar operasional prosedur). Ini sebagai pedoman kita saat pengamanan nanti," lanjut dia.

Tim beladiri Polsuska itu diterjunkan bersama petugas lain termasuk lintas instansi yang turut dalam pengamanan arus mudik. Mereka rutin menyisir setiap bagian Stasiun Semarang Tawang untuk mengantisipasi gangguan atau potensi yang dapat membahayakan penumpang.

"Total ada 11 orang termasuk saya. Dan saya merupakan satu-satunya perempuan di tim ini," ungkapnya.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran Tahun 2023 selama 19 hari yaitu H-8 sampai H+9 Lebaran atau dari 14 April sampai 2 Mei 2023. Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya periode posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api.

Untuk menjamin keamanan penumpang di stasiun maupun di atas KA, KAI Daop 4 Semarang mengerahkan petugas keamanan sebanyak total 292 personel yang terdiri dari 40 personel petugas eksternal (TNI dan Polri) dan 252 personel internal (112 Polsuska dan 140 sekuriti). Selain itu, pengamanan di stasiun juga akan diperkuat dengan adanya K9 atau anjing pelacak yang akan beroperasi di Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan objek-objek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta.

“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut menyukseskan Angkutan Lebaran Tahun 2023. Dengan bantuan dari beberapa pihak tersebut kami harap angkutan Lebaran tahun ini dapat terselenggara dengan aman dan berkesan,” ujar Kepala Daop 4 Semarang KAI Wisnu Pramudyo.

 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut