get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Hari Ini! Motor Adu Kambing, 2 Tewas di Jember

Tips Pengecekan Motor Touring, Persiapan Honda Bikers Day 2023

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 22:59 WIB
header img
Tips Pengecekan Motor Touring, Persiapan Honda Bikers Day 2023 (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idTips pegecekan sepeda motor untuk touring atau perjalanan jarak jauh. Apalagi, menjelang Honda Bikers Day (HBD) 2023 yang akan diadakan di Lapangan Rampak Kota Malang pada 28 Oktober.

Berikut daftar pengecekan persiapan untuk berkendara panjang jelang Honda Bikers Day 2023:

  1. Sistem Pengendali
  • Pada sepeda motor terdiri sistem pengendali pada bagian kemudi dan bagian pengatur. Fungsinya menciptakan keseimbangan dan mengatur arah serta mengendalikan pergerakan sepeda motor agar sesuai keinginan pengendara beserta dengan fitur keamanan dan kenyamanannya.
  • Bagian kemudi yang perlu dicek adalah setang, komstir, suspensi, rem, roda, dan ban. Pastikan secara visual sesuai keluaran pabrik (tidak bengkok), tidak ada rembes maupun kebocoran oli atau bahkan berkarat, saat komponen bergerak tidak berbunyi aneh, seret, oleng dan ukurannya sesuai dengan panduan di buku manual atau standar dari pabrikan.
  • Bagian pengatur merupakan fungsi mengendalikan pergerakan sepeda motor sesuai keinginan pengendara yaitu throttle gas, tuas rem depan maupun belakang pastikan juga jarak mainnya tidak melampaui jarak amannya, sehingga saat mengatur jalannya sepeda motor bisa lebih akurat sesuai keinginan, aman, dan lebih nyaman.
  1. Sistem Tenaga
  • Sistem tenaga terdiri dari bagian penghasil tenaga dan bagian penyalur tenaga. Fungsinya sebagai pengubah energi dari pembakaran bahan bakar minyak menjadi energi putar yang digunakan untuk diteruskan ke roda.
  • Komponen yang mendukung kinerja menghasilkan energi tersebut yang perlu diperhatikan diantaranya filter udara, injektor, celah klep, busi, dan oli mesin. Pengecekan visual dilakukan dengan memastikan tidak ada bagian-bagian dari mesin yang mengalami rembesan oli atau kotoran hitam lengket yang melekat.
  • Ketika mesin menyala, knalpot tidak mengeluarkan asap berwarna biru, putih atau hitam saat kondisi idle atau ditahan diputaran tertentu. Gunakan panduan odometer untuk mengganti filter udara, pembersihan injektor, melakukan penyetelan ulang gap atau celah klep, penggantian busi, dan oli mesin.
  • Durasi pemakaian komponen berdasarkan kilometer bisa dilihat dibuku pedoman perawatan berkala sepeda motor sebagai kelengkapan pembelian.
  • Bagian penyalur tenaga perlu dirawat agar gerakan sepeda motor halus tidak menimbulkan getaran. Komponennya seperti rantai, gear atau CVT, oli gardan. Lakukan pembersihan dan ganti jika perlu.

 

  1. Sistem Informasi dan Isyarat
  • Bagian-bagian ini adalah yang memberikan informasi keadaan sepeda motor dan sekaligus sarana berkomunikasi dengan sinyal kepada pengendara lain.
  • Bagian informasi ini adalah panel displai untuk memberikan informasi mengenai kecepatan, kondisi ECU, jumlah bahan bakar, econo, dan lain sebagainya termasuk spion. Pastikan berfungsi secara normal.
  • Sarana komunikasi dengan pengendara lain adalah lampu-lampu dan klakson.

Fasilitas pemeriksaan di atas tersedia di AHASS, gunakan fasilitas pengecekan gratis oleh Service Advisor untuk mengetahui bagian-bagian yang perlu dibersihkan, di-stel ulang atau bahkan diganti bila perlu. Gunakan bengkel resmi Honda terpercaya karena memiliki jaminan servis dan dan memilih sparepart original yang berkualitas, agar saat berkendara jarak jauh memiliki rasa lebih aman.

“Sepeda motor kondisi keluaran dealer sudah memenuhi persyaratan aman digunakan berkendara dijalan raya, Honda juga menyediakan tipe-tipe kendaraan lebih nyaman digunakan perjalanan jarak jauh. Jika memakai aksesoris, pastikan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya,” tutup Senior Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto.

 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut