get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Catat! One Way Arus Mudik Lebaran GT Cikatama – Kalikangkung pada 5-9 April

Rabu, 03 April 2024 | 13:45 WIB
header img
Catat! One Way Arus Mudik Lebaran GT Cikatama – Kalikangkung pada 5-9 April (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - One Way Nasional di Jalur Tol Trans Jawa akan digelar mulai GT Cikatama – GT Kalikangkung pada 5-9 April 2024. Namun bila terjadi kepadatan arus mudik Lebaran Idul Fitri yang melintas di GT Kalikangkung, akan dilkukan One Way Lokal mulai GT Kalikangkung hingga Bawen atau Tingkir.

“Koordinasi dan pelaksanaan One Way Lokal dibawah Kendali Dirlantas, Penerapan One Way Lokal menggunakan skala prioritas dengan melihat kondisi arus di GT Kalikangkung,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai memimpin Apel Gabungan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Makodam IV Diponegoro, Rabu (3/4/2024).

“Jika terjadi kepadatan akan diberlakukan One Way Lokal dari Kalikangkung hingga Bawen atau Tingkir,” terangnya.

Selain itu, Tol fungsional Solo-Jogja juga telah disiapkan untuk dilalui pemudik. Namun karena masih dalam tahap kontruksi, waktu penggunaan dan kecepatan kendaraan yang melintas akan dibatasi.

“Karena terbatasnya sarana dan prasarana seperti rambu dan lampu penerangan, penggunaannya dibatasi mulai jam 6 pagi hingga 5 sore,” lanjutnya.

Kapolda Jateng menyebut, apel gelar pasukan ini adalah puncak dari kesiapan mengamankan arus mudik masyarakat di Jawa Tengah. Pengamanan tersebut digelar dalam bentuk kegiatan operasi kepolisian bersandi Ketupat Candi 2024 selama 14 hari pada 3 hingga 16 April 2024.

“Terhitung hari ini anggota sudah insert di pos pam masing-masing, 12.506 personel gabungan TNI Polri dan Stakeholder terkait tersebar di 142 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di seluruh Jawa Tengah,” ujar Kapolda.

Apel Gabungan Gelar Pasukan diikuti oleh ribuan personel Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, Polrestabes Semarang, Kodim Kota Semarang, Dishub dan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolda Jateng didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Sekda Provinsi Jateng Sumarno.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut