get app
inews
Aa Read Next : SMKN 1 Bulakamba Brebes Raih Prestasi di Safety Riding Camp 2024

Harkitnas, Safety Riding Lab Astra Honda Resmi Hadir di Tasikmalaya

Jum'at, 24 Mei 2024 | 22:40 WIB
header img
Harkitnas, Safety Riding Lab Astra Honda Resmi Hadir di Tasikmalaya (Ist)

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id – Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) secara resmi meresmikan Safety Riding Lab (SRL) Astra Honda ke-7 di SMK Negeri 4 Tasikmalaya, Jawa Barat pada Senin 20 Mei 2024. Peresmian ini disambut dengan keceriaan sekitar 180 siswa, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Langkah ekspansi ini menunjukkan komitmen Yayasan AHM dalam mendukung keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di kalangan generasi muda. Sebagai bagian dari kampanye keselamatan berkendara di Indonesia, Yayasan AHM menyediakan fasilitas SRL sebagai pusat edukasi keselamatan berkendara yang akan digunakan oleh para duta safety riding di sekolah.

SRL Astra Honda terbaru ini diresmikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Jawa Barat, Dedi Suryadin, S.Pd., M.Pd., Kasat Binmas Polres Kota Tasikmalaya AKP Dede Tarmand S.H., Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin, Chief Operating Officer PT Daya Adicipta Motora Lerri Gunawan sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Jawa Barat, dan Kepala SMK Negeri 4 Tasikmalaya, Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Muhibuddin menyatakan bahwa SRL Astra Honda merupakan langkah konkret dalam kampanye keselamatan berkendara di kalangan generasi muda.

“Kami berharap keberadaan SRL Astra Honda dapat meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di kalangan remaja,” ujarnya.

Di SRL Astra Honda, terdapat tiga zona utama: Zona Audio-Visual untuk diskusi dan materi edukasi, Zona Simulasi dengan Honda Riding Trainer (HRT) untuk latihan praktik tiga dimensi, dan Zona Praktik yang didesain sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 2 tahun 2023 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Kurniawan dari SMK Negeri 4 Tasikmalaya menyambut positif pembangunan SRL Astra Honda di sekolahnya. “Edukasi dari para duta keselamatan berkendara diharapkan dapat menginspirasi generasi muda dalam meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya,” katanya.

Dengan pembangunan SRL di SMK Negeri 4 Tasikmalaya, ini menambah jumlah SRL lainnya yang sudah ada di beberapa sekolah di Indonesia, seperti di SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, SMK Walisongo Menes Banten, SMK Panca Abdi Bangsa Binjai Sumatera Utara, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Jawa Timur, SMA Negeri Bali Mandara, dan SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes Jawa Tengah.

Berbagi Ilmu

Selain membangun SRL Astra Honda, Yayasan AHM juga melalui program Astra Honda Berbagi Ilmu turut mendukung pengembangan SDM unggul dalam keselamatan berkendara. Program ini diisi dengan berbagai kegiatan edukasi modern yang disambut antusias oleh sekitar 180 siswa SMK. Mereka aktif mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh praktisi safety riding serta pembelajaran tentang manajemen media sosial.

Kegiatan ini meliputi pengetahuan tentang kesadaran keselamatan berkendara, perangkat keselamatan, manajemen media sosial, dan teknik berkendara yang aman dan nyaman. Melalui role play dan diskusi interaktif, peserta didik dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk memperkaya wawasan mereka.

Kegiatan ini didukung oleh berbagai mitra yang berkolaborasi, seperti PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut