Logo Network
Network

FOTO: Pangdam IV Diponegoro Berkomunikasi dengan Juru Kunci Gunung Merapi

Taufik Budi
.
Selasa, 13 Agustus 2024 | 06:33 WIB

JOGJA – Peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang kini berada pada status Siaga Level III mendorong Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, untuk melakukan pemantauan langsung di pos pengamatan Merapi Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, pada Jumat (9/8/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam tidak hanya memantau aktivitas vulkanik dari pos yang berjarak 7 km dari puncak Merapi, tetapi juga berkomunikasi dengan Mbah Asih, juru kunci Gunung Merapi yang telah lama dikenal sebagai penjaga spiritual gunung ini.

Kapendam IV/Diponegoro, Letkol Inf Andy Soelistyo, yang turut mendampingi Pangdam, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan langkah responsif terhadap peningkatan status Merapi.

"Tentunya kita berharap situasi ini dapat segera kondusif dan kembali aman. Namun, apabila terjadi peningkatan level siaga maka segala persiapan telah kita lakukan," ujarnya.

Pos pengamatan Merapi menjadi titik krusial dalam memantau berbagai indikator vulkanik, seperti penghitungan kegempaan, deformasi magma, dan pergerakan lava kubah. Selain itu, Pangdam juga mendiskusikan kondisi terkini dengan Mbah Asih (anak almarhum Mbah Maridjan), untuk mendapatkan perspektif lokal tentang aktivitas Merapi.

Sebagai langkah antisipasi terhadap potensi bencana, Korem 072/Pamungkas bersama dengan Kepolisian Yogyakarta, Pemerintah Daerah, dan komponen masyarakat yang tergabung dalam Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB), telah menggelar latihan simulasi penanggulangan bencana pada 31 Juli lalu.

Kapendam juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada, terutama dalam menghindari daerah rawan dan bersiap menghadapi gangguan akibat abu vulkanik serta bahaya lahar, terutama saat hujan deras.

Dengan kesiapan yang sudah dilakukan oleh TNI dan seluruh instansi terkait, diharapkan keselamatan masyarakat di sekitar Gunung Merapi dapat terjaga dengan baik dalam menghadapi situasi yang tidak terduga.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News

Bagikan Artikel Ini