get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Gunung Merapi Guguran Lava dan Potensi Awanpanas Mengancam Warga Sekitar

Senin, 19 Agustus 2024 | 06:16 WIB
header img
Gunung Merapi Guguran Lava dan Potensi Awanpanas Mengancam Warga Sekitar (Ist)

MAGELANG, iNewsJoglosemar.id – Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih tinggi dan tetap menjadi ancaman serius bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Berdasarkan data yang dirilis oleh magma.esdm.go.id, meskipun cuaca cerah dan visual gunung terlihat stabil, Gunung Merapi tetap berbahaya dengan guguran lava dan potensi awanpanas.

Pengamatan kegempaan yang dilakukan menunjukkan adanya 14 kali gempa guguran dengan amplitudo 2 hingga 11 mm dan durasi gempa mencapai 110 detik. Ini menandakan bahwa suplai magma terus berlangsung di dalam tubuh gunung. Hal ini berpotensi memicu awanpanas guguran yang sangat berbahaya, terutama di wilayah-wilayah tertentu.

Kawasan yang paling rawan terkena dampak adalah sektor selatan-barat daya, mencakup aliran Sungai Boyong, Bedog, Krasak, dan Bebeng, dengan jarak bahaya maksimal 7 kilometer. Selain itu, sektor tenggara, yang meliputi aliran Sungai Woro dan Gendol, juga harus diwaspadai dengan radius bahaya mencapai 3 hingga 5 kilometer dari puncak.

Dilansir dari magma.esdm.go.id, pada periode pengamatan, teramati 8 kali guguran lava yang mengarah ke Kali Bebeng. Jarak luncur maksimum mencapai 1.500 meter, dan ini menunjukkan bahwa gunung tetap aktif dengan potensi besar melepaskan material vulkanik ke wilayah-wilayah tersebut.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut