Tips Menabung agar Segera Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah

Taufik Budi
Tips Menabung agar Segera Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar - Melakukan ibadah haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu dan memiliki kesempatan. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi haji sangatlah besar sehingga perlu menabung terlebih dahulu.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag dan para penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji Khusus (PIHK) menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Khusus Tahun 2023 minimal sebesar USD8.000. Dengan asumsi kurs USD1 adalah Rp15.471,55, maka per jemaah dibebani biaya Rp.123.772.400.

Besaran Bipih Khusus ini ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus di Jakarta beberapa waktu lalu. Setoran awal juga disepakati sebesar USD4.000 atau setara Rp61.886.200

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang ekstra untuk mengumpulkan uang demi menabung untuk biaya haji. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam mengumpulkan uang demi menabung untuk biaya haji.

  1. Membuat Rencana Anggaran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana anggaran. Anda harus mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk pergi haji dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang tersebut. Buatlah daftar pengeluaran bulanan Anda dan carilah cara untuk menghemat uang dari pengeluaran yang tidak penting. Dalam rencana anggaran ini, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk menabung.

  1. Menyisihkan Uang dari Penghasilan

Bulanan Langkah selanjutnya adalah menyisihkan uang dari penghasilan bulanan. Anda bisa menabung sebagian uang dari gaji bulanan Anda. Usahakan untuk menabung sebanyak mungkin agar uang yang terkumpul semakin banyak.

  1. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Selain menabung dari penghasilan bulanan, Anda juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan, menjual barang-barang yang tidak terpakai atau bahkan membuka usaha kecil-kecilan seperti berjualan makanan atau membuka toko online.

  1. Mengikuti Program Investasi Syariah

Anda juga bisa mengikuti program investasi syariah. Program ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengumpulkan uang dengan cara yang halal dan menghasilkan keuntungan yang baik. Anda bisa memilih program investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

  1. Memanfaatkan Tabungan atau Deposito

Anda bisa memanfaatkan tabungan atau deposito untuk menabung. Anda bisa membuka tabungan khusus untuk menabung untuk biaya haji. Dalam tabungan tersebut, Anda bisa menyisihkan sejumlah uang secara rutin setiap bulannya.

  1. Mengumpulkan Uang dari Keluarga dan Teman

Anda juga bisa meminta bantuan keluarga dan teman untuk mengumpulkan uang demi menabung untuk biaya haji. Anda bisa meminta bantuan mereka dengan cara meminjam uang atau meminta donasi. Namun, jangan lupa untuk bertanggung jawab dan mengembalikan uang tersebut setelah Anda sudah berhasil mengumpulkan uang untuk biaya haji.

Dengan usaha dan kesabaran, Anda pasti bisa mengumpulkan uang demi menabung untuk biaya haji yang besar. Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam mengumpulkan uang dan mewujudkan impian Anda untuk pergi haji.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network