Rebel tergambar melalui dua kata, yakni “sederhana” dan ”mudah” untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara sehingga semakin ekspresif, tentunya berpadu dengan penyematan warna baru. Desainnya tak lekang oleh waktu dan mempunyai ban lebar berpadu dengan siluet yang rendah dan ramping. Tampilan panel meter menggunakan LCD negative dengan backlight biru yang mudah dibaca.
Tangki dengan kapasitas 11,2 liter memiliki posisi mendongak dipadu dengan setang kemudi yang lebar, membuat pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor. Dalam mendukung berkendara di malam hari, sistem LED disematkan pada lampu utama, lampu belakang dan lampu sein yang berbentuk bulat.
Rebel dibekali mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R yang sporti. Model ini memiliki torsi maksimum 43,6Nm@ 5.500 rpm dan tenaga puncak 33,5 kW @ 8.500rpm. Rebel mempertahankan kenyamanan dan keamanan dengan dilengkapi dengan fitur assist/slipper clutch yang mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi.
Power unit yang disematkan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silindermenggunakan roller rockerarm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan. Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm.
Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya dirancang agar mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan. Untuk mendukung tampilan low-rider, rangka tubular Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara.
Panjang trail diset pada 110mm dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1490mm, menghasilkan ketinggian jok 690mm dan pijakan kaki tengah,untuk keseimbangan kemudi. Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi.
Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto
Artikel Terkait