5 Fakta Panel Surya Solusi Listrik Masa Depan, Rumah Tangga Irit 50 Persen

Taufik Budi
5 Fakta Panel Surya Solusi Listrik Masa Depan, Rumah Tangga Irit 50 Persen (Ist)

Marketing Communication dari Shams Energy, Gading Ariatama, menambahkan, terdapat tiga sistem pemasangan panel surya yang ditawarkan yakni off grid, on grid, hingga hybrid. Dari tiga sistem itu, konsumen diberi keleluasaan memilih.

Off grid memiliki kelebihan menggunakan baterai sebagai media simpan energi sehingga pengguna bisa sepenuhnya menggantungkan kebutuhan energi kepada solar panel baik saat malam maupun siang hari.

Sementara sistem on grid tidak menggunakan baterai dan energi yang terserap dari panel surya langsung digunakan pada saat itu juga. Sementara sistem hybrid menggabungkan kedua sistem itu.

“Dari kami kemudian akan memberikan form isian yang isinya ada data berapa daya yang terpasang di rumah, rata-rata tagihan listrik yang dibayarkan 3 bulan terakhir, hingga lokasi,” imbuh Gading.

Setelah mendapat data-data tersebut, kemudian pihaknya akan membuatkan penawaran terkait daya yang dibutuhkan calon konsumen.

“Setelah itu kami hitung jumlah panel yang dibutuhkan. Lalu kami buatkan penawaran, nominal harga nanti ada di penawaran tersebut,” terangnya.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network