SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menambah mesin pemadat batu bantalan rel untuk menjamin keandalan jalur kereta api. Mesin Kereta Pemeliharaan Jalan Rel MTT (Multi Tie Tamper) itu diresmikan di Dipo Mekanik Semarang Poncol, Jumat (13/10/2023).
MTT dengan tipe Duomatic 09-32 CSM 7379 merupakan sarana gerak perkeretaapian khusus untuk merawat geometri jalan rel. Dengan tambahan mesin MTT ini, Daop 4 Semarang kini memiliki 4 unit mesin MTT untuk melakukan perawatan di sepanjang lintasan jalur rel wilayah Daop 4 Semarang.
Ada pun panjang lintasan di Daop 4 Semarang yaitu 676 km yang terbentang dari sebelah barat Stasiun Tegal sampai dengan sebelah timur Stasiun Cepu dan sebelah selatan Stasiun Gundih. Untuk itu, keberadaan MTT sangat dibutuhkan untuk menjaga keandalan jalur rel.
“Secara prinsip mesin MTT berfungsi untuk mengangkat, menimbang, menata dan memadatkan balas yang berada di bawah bantalan sepanjang jalur rel sampai mencapai geometri yang diinginkan,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo.
Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto
Artikel Terkait