Unnes Dorong Pengembangan Kewirausahaan Digital dalam Pendidikan Nonformal di SKB Ungaran

Septi Wulandari
Unnes Dorong Pengembangan Kewirausahaan Digital dalam Pendidikan Nonformal di SKB Ungaran (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengembangan (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 3 September 2024.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Pemberdayaan Pendidik Sebagai Upaya Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Multimodal Digital pada Program Pendidikan Nonformal di SKB Ungaran." Kegiatan tersebut diinisiasi Tim Pengabdian Masyarakat yang diwakili oleh dua dosen PLS UNNES, yakni Imam Shofwan, S.Pd., M.Pd., dan Hendra Dedi Kriswanto, S.Pd., M.Pd.

Kepala UPTD SPNF SKB Ungaran, Imam Roos Wahyudi, S.Pd., menyambut baik inisiatif ini. Dalam sambutannya, Imam Roos menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif serta menjadi pelajaran berharga bagi Pamong Belajar dan Warga Belajar di SKB Ungaran.

Imam Shofwan, S.Pd., M.Pd., kemudian memaparkan konsep pengabdian yang difokuskan pada pengembangan pembelajaran berbasis multimodal. Metode ini mengintegrasikan pendekatan visual, auditory, rewrite, dan kinestetik (VARK) untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Harapan besar dari kegiatan ini adalah menjadikan SKB Ungaran sebagai pelopor dalam penerapan pembelajaran berbasis multimodal pada Program Pendidikan Nonformal yang nantinya bisa diadopsi oleh SKB lain di wilayah sekitarnya.

Sesi selanjutnya diisi oleh Hendra Dedi Kriswanto, S.Pd., M.Pd., yang membahas penerapan aplikasi bisnis bagi Pamong maupun Warga Belajar, dengan tujuan meningkatkan keterampilan kewirausahaan mereka. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang melibatkan partisipasi aktif dari peserta.

Sebagai penutup, Imam Shofwan, S.Pd., M.Pd., memberikan pesan inspiratif kepada para peserta dengan menyatakan, "Selalu Update Informasi, Upgrade Diri, dan Add Relasi." Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama sebagai momen kebersamaan antara peserta dan tim pengabdian.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network