get app
inews
Aa Read Next : Penting! Rekomendasi untuk Warga di Sekitar Merapi dalam Status Siaga

Gus Baha dan TGB Ngaji Bareng di Jogja, Netizen Bisa Pantau via Youtube

Kamis, 16 Juni 2022 | 11:46 WIB
header img
Gus Baha (Foto: IG)

JOGJAGus Baha dan TGB akan mengaji bersama di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Pertemuan dua ulama ahli tafsir KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dan HM Zainul Majdi (TGB) sudah lama lama dijadwalkan oleh panitia dari UII Yogyakarta.

Ketua Panitia Ahmad Sadzali mengatakan, UII Yogyakarta tahun lalu meluncurkan pusat studi tafsir Quran dan Hadis. Saat peluncuran tersebut yang mengisi adalah Gus Baha dan KH Quraish Shihab.

“Saat ini giliran bersama Pak TGB yang selama ini pandangan-pandangan beliau tentang Islam itu moderat dan menyejukkan,” katanya, Kamis (16/6/2022).

Posisi Gus Baha, di pusat studi ini sebagai penasihat. Pusat studi ini memang berupaya terus menggiatkan pengajian tafsir baik untuk internal maupun masyarakat luar. Yang diundang dalam acara ini ulama yang berkompeten di bidang tafsir.

“Kita tahu Tuan Guru Bajang seorang ulama tafsir dari S1 sampai S3 di Al Azhar menekuni bidang tafsir. Sehingga keilmuannya tak diragukan,” bebernya.

Dari UII pun, menghadirkan dua ulama yang memang diakui kompetensinya di bidang tafsir. Harapannya dapat memberikan pemahaman kepada akademisi di UII Yogyakarta maupun masyarakat luar tentang ilmu tafsir.

“Untuk acara ini kami sudah cukup lama berkomunikasi. Sampai akhirnya jadwal ini dapat disepakati,” imbuhnya.

Akademisi yang juga Kepala Divisi Pendidikan dan Dakwah DPPAI UII Yogyakarta ini menambahkan, kajian tafsir Gus Baha bersama TGB ini berlangsung secara luring di Auditorium KH Abdul Kahar Mudzakir pada Senin 20 Juni 2022 mulai pukul 08.45 hingga 11.30 WIB.

“Untuk offline undangan terbatas. Selain itu disiapkan juga siaran melalui youtube uii.id/youtube,” terangnya.

Gus Baha merupakan ulama Nahdlatul Ulama (NU) yang berasal dari Rembang. Ia dikenal sebagai salah satu ulama ahli tafsir yang memiliki pengetahuan mendalam seputar Alquran. Ia merupakan salah satu murid dari ulama kharismatik, Kiai Maimun Zubair. Gus Baha merupakan putra dari seorang ulama pakar Alquran dan juga pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA, Kiai Nursalim al-Hafizh.

Sementara TGB HM Zainul Majdi adalah Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI). TGB menempuh pendidikan sarjana hingga doktoral di Universitas Al Azhar, Mesir. TGB sendiri pernah menjadi Gubernur NTB dua periode, mulai 2008 hingga 2018.
 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut