get app
inews
Aa Read Next : 4 Polisi dan 1 TNI Wafat usai Coblosan Pilpres 2024

Komnas HAM Pastikan Terjadi Pelanggaran HAM di Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 06 Oktober 2022 | 17:23 WIB
header img
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyatakan ada dugaan pelanggaran HAM dalam Tragedi Kanjuruan Malang yang mengakibatkan 131 orang tewas. (Foto/MPI/Avirista Midaada)

MALANG - Komnas HAM pastikan terjadi pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Tragedi Kanjuruhan Malang usai laga Arema FC vs Persebaya. Dalam peristiwa itu 131 orang tewas pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Adanya pelanggaran HAM itu sesuai dengan bukti-bukti yang ada. Bahkan dugaan pelanggaran HAM itu secara terbuka juga dapat dilihat masyarakat melalui video-video yang beredar.

"Seluruh masyarakat yang melihat video yang menonton langsung pertandingan, akan bisa bilang ada kekerasan di situ. Kalau kita ngomong kekerasan di situ memang potensial dugaannya sangat kuat ada pelanggaran HAM di sana," kata Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam saat meninjau kembali Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur pada Kamis (6/10/2022).

Namun Choirul menerangkan, pihaknya ingin melihat konstruksi peristiwa ini secara utuh. Di antaranya sistem perencanaan, potensi terjadi permalasahan soal human error, hingga perencanaan pola keamanan hingga manajemennya.

"Walaupun ini agak jauh, tapi perencanaan keamanan urusan penting apakah problem soal ketidakpatuhan terhadap statuta atau aturan-aturan di FIFA, atau problem lainnya, kami kepingin lihat secara detail," katanya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut