get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Hunian Cantik dan Unik, Rumah Kontainer Solusi Daerah Banjir hingga Gempa

Minggu, 15 Januari 2023 | 18:51 WIB
header img
Hunian Cantik dan Unik, Rumah Kontainer Solusi Daerah Banjir hingga Gempa (Foto: iNews/Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Banjir besar menggegerkan warga Kota Semarang saat pengujung tahun 2022 sekaligus pembuka tahun 2023. Genangan air hingga setinggi satu meter melumpuhkan arus lalu lintas jalan pantura Kaligawe Semarang. Tak hanya jalan, permukiman warga juga tak luput dari banjir.

Dengan kondisi tersebut, seorang warga mengembangkan struktur rumah antibanjir di area depo kontainer Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang. Dengan bangunan ini, warga daerah rawan banjir terutama di kawasan pesisir hanya perlu meninggikan ganjal agar rumahnya tak kebanjiran.

"Rumah kontainer ini lebih mudah penanganannya untuk daerah banjir. Ketinggian kontainer bisa disesuaikan dengan perkiraan pasang air laut. Sehingga, jika air pasang masuk ke permukiman, maka pada bagian bawah kontainer tinggal ditambah ganjal sesuai kebutuhan agar tak kebanjiran,” kata Direktur CV Istana Container Indonesia, Puput Riyadi.

“Dan yang pasti tidak perlu kita menyiapkan struktur ondasi tinggi atau diuruk sama tanah. Makanya, ini sangat cocok digunakan untuk rumah tinggal termasuk bagi warga yang tinggal di kawasan pesisir," lanjut dia.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut