get app
inews
Aa Read Next : Jelang May Day, Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel

Polisi Pakai 6 Drone Pantau Pergerakan Pemudik Nataru, Terutama Semarang dan Solo

Jum'at, 22 Desember 2023 | 15:37 WIB
header img
Polisi Pakai 6 Drone Pantau Pergerakan Pemudik Nataru, Terutama Semarang dan Solo (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Polda Jawa Tengah mengambil langkah cerdas memanfaatkan perangkat drone untuk memantau pergerakan pemudik Nataru (Natal dan Tahun Baru). Enam unit drone dengan spesifikasi jangkauan terbang hingga 5 kilometer disiapkan untuk memantau kepadatan arus lalu lintas, khususnya di ruas-ruas jalan yang rawan kemacetan dan area bottle neck.

ETLE Drone sudah disiapkan untuk dipakai memantau  jalur-jalur yang mengalami kemacetan dan black spot (rawan kecelakaan). Bisa juga dimanfaatkan ketika terjadi kecelakaan sehingga anggota di lapangan yang terhambat bisa memantau terlebih dahulu lewat udara," jelas Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Jumat (22/12/2023).

Drone tersebut biasanya digunakan untuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Kini drone yang dioperasikan personel Ditlantas Polda Jawa Tengah yang telah menjalani pelatihan khusus dan memiliki sertifikasi, digunakan untuk pengawasan dan menanggulangi kemacetan selama Operasi Lilin Candi 2023.

"Utamanya untuk pemecahan problem lalu lintas nantinya pakai drone terutama di kota besar seperti Semarang dan Solo. Urai jalur yang mengalami kemacetan diatasi melalui perpaduan antara personel lapangan sama teknologi," ungkapnya.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut