get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Teknologi Baru UNDIP Tingkatkan Kandungan Katekin dalam Teh Hijau

Sabtu, 20 Juli 2024 | 05:56 WIB
header img
Teknologi Baru UNDIP Tingkatkan Kandungan Katekin dalam Teh Hijau (Freepik)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Fine powder teh hijau yang dihasilkan dengan teknologi pengering vibro nano dehumidifikasi dari Universitas Diponegoro (UNDIP) memiliki kandungan katekin yang tinggi. Katekin dikenal dengan aktivitas anti kankernya dan mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta penyakit degeneratif lainnya. Aplikasi fine powder teh hijau ini mencakup kosmetik fungsional, pangan, minuman siap saji, bakery, farmasi, dan flavor.

Katekin merupakan senyawa polifenol yang banyak ditemukan dalam teh hijau. Senyawa ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya. Prof. Dr. Ir. Eflita Yohana M.T., Ph.D dari UNDIP menjelaskan bahwa teknologi pengering vibro nano dehumidifikasi mampu mempertahankan kadar katekin dalam teh hijau dengan lebih baik dibandingkan metode pengeringan konvensional.

Penggunaan fine powder teh hijau semakin populer dalam berbagai industri, mulai dari kosmetik fungsional hingga pangan fungsional. Fine powder teh hijau dapat diaplikasikan dalam produk kosmetik untuk meningkatkan kesehatan kulit, dalam makanan dan minuman untuk memberikan manfaat kesehatan tambahan, serta dalam produk farmasi untuk pencegahan penyakit.

Prof. Eflita menjelaskan bahwa fine powder teh hijau yang dihasilkan dengan teknologi pengering vibro nano dehumidifikasi memiliki ukuran partikel yang sangat halus, yaitu antara 20-100 mikrometer. Ukuran partikel yang kecil ini membuat fine powder teh hijau mudah digunakan dalam berbagai aplikasi industri.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut