get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Beri Beasiswa Perangkat Desa, Bupati Blora Arief Rohman Segera Raih Gelar Doktor di Unnes

Rabu, 14 Agustus 2024 | 18:26 WIB
header img
Beri Beasiswa Perangkat Desa, Bupati Blora Arief Rohman Segera Raih Gelar Doktor di Unnes (iNewsJoglosemar)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Bupati Blora, Arief Rohman, segera meraih gelar doktor dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) setelah menyelesaikan ujian terutup disertasi yang mengangkat topik penting terkait peningkatan kompetensi aparatur desa.

Bupati Arief Rohman mengungkapkan menyusun disertasi untuk menyelesaikan program doktoral yang fokus pada Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa di Blora.

"Alhamdulillah, ini saya habis mengikuti ujian untuk program doktoral mengangkat soal RPL kompetensi aparatur desa. Ini ingin kita tingkatkan di Blora, salah satunya melalui program kuliah RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau," ungkap Arief Rohman, di Kampus Pascasarjana Unnes, Bendan Ngisor Semarang, Rabu (14/8/2024).

“Selama satu setengah jam sidang doktoral S3 diuji langsung oleh para profesor Pascasarjana Unnes Semarang dan dinyatakan lulus ujian tertutup serta siap melangkah ke tahap akhir ujian terbuka,” tambahnya.

Program RPL ini dirancang khusus agar perangkat desa, termasuk kepala desa, sekretaris desa, dan pegiat desa seperti pendamping desa, dapat menempuh pendidikan tinggi dalam waktu yang lebih singkat, yaitu hanya dua tahun, dibandingkan dengan kuliah normal yang memakan waktu empat tahun.

"Nah setelah kita uji dan teliti, ternyata kesimpulannya bahwa kompetensi aparatur desa itu bisa kita naikkan lewat program RPL ini. Yang semula mungkin kapasitasnya kurang, dengan RPL ini bisa meningkat. Output-nya kita harapkan adalah bagaimana bisa meningkatkan pelayanan untuk masyarakat desa," jelas Arief Rohman.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut