get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Komisi Yudisial Pecat 3 Hakim yang Vonis Bebas Ronald Tannur

Senin, 26 Agustus 2024 | 17:00 WIB
header img
Komisi Yudisial Pecat 3 Hakim yang Vonis Bebas Ronald Tannur. Erintuah Damanik (Antara)

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id – Komisi Yudisial (KY) telah menjatuhkan sanksi berat terhadap tiga hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang memutuskan bebas Ronald Tannur, terdakwa kasus pembunuhan Dini Sera Afrianti. Ketiga hakim tersebut adalah Erintuah Damanik, Mangapul, dan Heru Hanindyo.

Dalam rapat pleno yang diadakan pada Senin (26/8/2024) pagi, Kabid Waskim dan Investigasi KY, Joko Sasmita, mengungkapkan bahwa ketiga hakim tersebut terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Rapat pleno dihadiri oleh tujuh orang peserta dan sekretaris pengantar, yang menyimpulkan bahwa pelanggaran yang dilakukan tergolong berat.

Joko Sasmita menjelaskan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga hakim mencakup sejumlah pasal dalam KEPPH, termasuk angka 1.1 butir 2, angka 1.1 butir 7, angka 2.1 butir 2, angka 8, dan angka 10 dari Surat Keputusan Bersama Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia Nomor 047/MA-SKB/IV 2009-02/SKB PKY/IV/2009 tentang KEPPH. Selain itu, mereka juga melanggar Pasal 5 Ayat 2B, Pasal 5 Ayat 3C, Pasal 6 Ayat 2C, Pasal 12, dan Pasal 14 dari Peraturan Bersama Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Komisi Yudisial Republik Indonesia Nomor 02 BP MA XI 2012 dan 02 BP PKY/09 2012 tentang Panduan Menegakkan Kode Etik dan Perilaku Hakim.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut