get app
inews
Aa Text
Read Next : Rute Pendek Jadi Andalan Pemudik KAI Daop 4 Selama Lebaran 2025 

WhatsApp dan TikTok Jadi Aplikasi Terfavorit Pelanggan Indosat Selama Lebaran 

Sabtu, 12 April 2025 | 12:03 WIB
header img
WhatsApp dan TikTok Jadi Aplikasi Terfavorit Pelanggan Indosat Selama Lebaran (Foto: Shutterstock/Antoniu Salaveri)

SEMARANG, iNEWSJOGLOSEMAR.ID - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat kenaikan trafik data secara nasional hingga 21 persen selama periode Idulfitri 1446 Hijriah dibandingkan hari biasa. Lonjakan tersebut sebagian besar dipicu oleh meningkatnya penggunaan aplikasi digital seperti WhatsApp dan TikTok oleh jutaan pelanggannya.

Kedua aplikasi itu menjadi yang paling sering digunakan selama Ramadan hingga puncak arus balik Lebaran, mengungguli Facebook, YouTube, dan Instagram yang juga mengalami peningkatan. Aplikasi perpesanan dan hiburan digital kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat, terutama di momen-momen spesial seperti hari raya.

Trafik tertinggi tercatat pada 4 April 2025 yang bertepatan dengan arus balik Lebaran. Pada saat itu, kebutuhan akan koneksi digital mencapai titik puncaknya karena banyak pelanggan mengakses layanan secara bersamaan.

Indosat menjelaskan bahwa tingginya konsumsi aplikasi digital seperti WhatsApp dan TikTok dapat diantisipasi dengan baik melalui kesiapan infrastruktur jaringan yang andal dan merata. Optimasi jaringan dilakukan secara menyeluruh di berbagai wilayah, mulai dari kota besar hingga daerah tujuan mudik.

“Kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar,” ujar Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Untuk memastikan kenyamanan pelanggan, Indosat telah menambah 9.600 kapasitas site baru dan mengaktifkan 1.500 BTS serta 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis. Upaya ini diperkuat oleh sistem INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) yang menggabungkan teknologi berbasis kecerdasan buatan dan cognitive learning.

Di balik kesuksesan jaringan yang tetap stabil, ada ribuan tenaga teknis yang bekerja tanpa henti selama musim mudik dan libur panjang. Sebanyak lebih dari 3.000 engineer dan teknisi disiagakan, termasuk di pusat kendali Digital Intelligence Operations Center (DIOC) milik Indosat.

“Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas sebagai panggilan profesional, melainkan bentuk pengabdian di momen Lebaran yang bernilai ibadah. Kami memahami betul betapa pentingnya koneksi bagi keluarga yang terpisah jarak. Saya dan tim telah bersiaga sejak sebelum Ramadan, memeriksa setiap site untuk memastikan semuanya berjalan lancar,” ungkap Imam Susanto, petugas lapangan Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang.

Dengan teknologi yang terus dikembangkan dan dedikasi para pekerja di lapangan, Indosat berharap dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menikmati layanan komunikasi dan digital.

“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan terhadap pelanggan.. Kami akan terus menghadirkan layanan yang mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan kualitas terbaik, dan memastikan mereka selalu terhubung, terutama di momen kebersamaan yang penting seperti Idulfitri,” tutup Desmond.

 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut