get app
inews
Aa Read Next : TNI-Polri Ajak Masyarakat Awasi Pilkada 2024

Sungai Kaligawe Meluap, Objek Wisata Kebonpring Kebanjiran

Kamis, 31 Maret 2022 | 11:36 WIB
header img

BANTUL - Hujan deras yang melanda wilayah Prambanan, Sleman pada Rabu (30/3/2022) petang, mengakibatkan banjir di Piyungan, Bantul. Sungai Kaligawe yang meluap mengakibatkan permukiman warga dan objek wisata Kebonpring terendam.

Relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kalurahan Srimartani Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul, Ahmad Yani menuturkan usai hujan deras sepanjang Rabu siang, debit air Sungai Kaligawe menunjukkan peningkatan. Dan mulai pukul 17.00 WIB, sepanjang jalur sungai tersebut terendam air.

BACA JUGA:

Geger! Benda Mencurigakan Dekat Denpom Solo, Dibungkus Tas Motif Bunga

"Sungai Kaligawe tak mampu menampung air sehingga meluap menggenangi wilayah dialiri," ujar Yani, Kamis (31/3/2022).

Di Kalurahan Srimartani, beberapa lokasi terdampak banjir, di antaranya di Padukuhan Jetis Kembangsari RT 4, Karangasem Kembangsari RT 5 dan Wanujoyo Kidul. Akibatnya beberapa rumah warga terendam banjir.

BACA JUGA:

Benda Mencurigakan Ternyata Hanya Semen, Kota Solo Dipastikan Kondusif

Banjir juga merendam sawah seluas 1 hektare di Kembangsari. Tanaman padi, sayuran dan palawija milik 25 warga rusak. Akses jalan di dusun Wanujoyo Kidul terendam hingga setengah meter.

Komandan Tim Reaksi Cepat Pusdalops Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah, menuturkan, banjir yanag melanda Kalurahan Srimulyo, Srimartani Kapanewon Piyungan dan Kalurahan Trimulyo, Jetis karena hujan deras di hulu Sungai Kaligawe.

BACA JUGA:

FLASHBACK: Mayat Satpam Bersimbah Darah di Eks Jonas Photo Semarang

Di Kapanewon Piyungan sebuah rumah terendam, lahan pertanian seluas 1 hektare, 1 tempat usaha dan obyek wisata Kebonpring terendam paling tinggi setengah meter. Di Kebonpring, 32 lapak terpaksa mengevakuasi peralatan mereka.

“Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa ini, hanya bebrapa rumah dan objek wisata yang terendam dan tadi malam sudah surut,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul " Sungai Kaligawe Meluap, Objek Wisata Kebonpring Terendam Banjir Setengah Meter ", Klik untuk baca: https://yogya.inews.id/berita/sungai-kaligawe-meluap-objek-wisata-kebonpring-terendam-banjir-setengah-meter/2.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut