Update! Imbas Anjloknya Argo Bromo Anggrek di Subang, Hari Ini 18 KA Batal Berangkat

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membatalkan sejumlah perjalanan kereta api (KA) pada Sabtu, 2 Agustus 2025, menyusul anjloknya KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Jumat sore, 1 Agustus 2025.
Kejadian tersebut menyebabkan keterlambatan tinggi sejumlah KA dan berdampak pada jadwal operasional di lintas utara Jawa, termasuk wilayah Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang.
"Pembatalan ini kami lakukan guna mendukung proses normalisasi lintas dan penanganan rangkaian KA terdampak," ujar Franoto Wibowo, Humas KAI Daop 4 Semarang dalam keterangannya.
Berikut daftar perjalanan KA yang dibatalkan pada hari ini, Sabtu, 2 Agustus 2025:
Relasi Gambir – Semarang – Surabaya
1. KA 1 Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasarturi – Semarang Tawang – Gambir)
2, KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir – Semarang Tawang – Surabaya Pasarturi)
3, KA 17 Argo Sindoro (Gambir – Semarang Tawang)
4. KA 20 Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang)
5. KA 26 Argo Merbabu (Gambir – Semarang Tawang)
6. KA 27 Argo Merbabu (Semarang Tawang – Gambir)
7. KA 29F Argo Anjasmoro (Surabaya – Semarang Tawang – Gambir)
8. KA 39 Sembrani (Surabaya Pasarturi – Semarang Tawang – Gambir)
9. KA 40 Sembrani (Gambir – Semarang Tawang – Surabaya Pasarturi)
Relasi Semarang – Jakarta
10. KA 175 Menoreh (Semarang Tawang – Pasarsenen)
11. KA 259 Tawang Jaya (Semarang Poncol – Pasarsenen)
12. KA 178 Tawang Jaya Premium (Pasarsenen – Semarang Tawang)
13. KA 178 Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang – Pasarsenen)
Relasi Lintas Jatim dan Jateng
14. KA 163 Gumarang (Surabaya – Semarang Tawang – Pasarsenen)
15. KA 253 Kertajaya (Pasarsenen – Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi)
16. KA Jayabaya (Malang – Semarang – Pasarsenen PP)
KA Lokal
17. KA 267 Banyubiru (Solo Balapan – Semarang Tawang)
18. KA 268 Banyubiru (Semarang Tawang – Solo Balapan)
KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat pembatalan perjalanan ini.
Sebagai bentuk kompensasi, pelanggan yang telah memiliki tiket untuk perjalanan KA yang dibatalkan pada tanggal 2 Agustus 2025 berhak mendapatkan pengembalian bea tiket (refund) sebesar 100 persen di luar bea pesan.
"Proses refund dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan, terhitung sejak tanggal keberangkatan KA tersebut," lanjut Franoto.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121 atau melalui WhatsApp di nomor 0811-1211-1121.
Editor : Enih Nurhaeni