get app
inews
Aa Read Next : FOTO: Film Asa Luar Biasa, Kisah Autisme Dewasa

Tips Tak Lemas saat Puasa, Ahli Gizi UGM: Hindari Makanan Banyak Garam

Rabu, 06 April 2022 | 08:17 WIB
header img

 

JAKARTA - Perasaan lemas selama puasa wajar dialami. Namun, ternyata hal ini bisa diatasi dengan memilih makanan yang tepat. Berikut tipsnya dari pakar Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menurut Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia, SGz, MGizi,RD langkah pertama agar tidak lemas selama puasa adalah makan di waktu mendekati imsak. Tak asal makan, tetap harus memerhatikan gizi seimbangnya.

BACA JUGA:

Ganjar Pranowo: Minyak Goreng Curah Rp14.000 Itu Hoaks Ya Bu?

“Upayakan makan sahur mendekati waktu imsak dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ada karbohidrat, protein, sayur dan buah,” ucap dia dikutip, Selasa (5/4/2022).

Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini juga menyarankan agar mengonsumsi makanan yang lama dicerna saat makan sahur agar kenyang lebih lama. Ia mencontohkan makanan, seperti nasi merah, roti gandum, dan oat untuk sumber karbohidrat.

“Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lama untuk dipahami sehingga membantu menjaga rasa puas lebih lama saat istirahat,” ujarnya.

BACA JUGA:

Terang-terangan ke Ganjar, Pedagang Jual Minyak Goreng Curah Rp22.000/Liter

Selain itu, kata Aviria, lupa untuk tetap mengonsumsi protein seperti kacang-kacangan, daging, dan ikan. Juga harus memenuhi kebutuhan serat dari sayur dan buah-buahan serta konsumsi air putih dalam jumlah cukup.

Aviria menerangkan makanan berserat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kebugaran karena menahan udara dan memberikan rasa kenyang pada tubuh selama berpuasa. Selain itu, selama sahur diminta juga untuk membatasi makanan yang tinggi garam dan makanan awetan. Sebab, makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa menyebabkan tubuh dehidrasi.

"Hindari makanan tinggi natrium/garam dan awetan makanan asupan garam yang terlalu tinggi menjadikan tubuh menarik cairan dari sel dan ini akan menyebabkan dehidrasi," tutur dia.

BACA JUGA:

Cantik Banget Celine Evangelista Pakai Hijab di Ultah ke-30, Pindah Agama?

Tips terakhir adalah menghindari minuman dengan efek diuretik atau memicu buang air kecil seperti teh, kopi, dan minuman bersoda saat sahur. Dengan tubuh dijamin tidak akan merasa lemas selama berpuasa.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Agar Tidak Lemas Selama Puasa, Ini Tips Pilih Makanan dari Pakar UGM ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/agar-tidak-lemas-selama-puasa-ini-tips-pilih-makanan-dari-pakar-ugm.
 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut