get app
inews
Aa Read Next : 143 Ribu Pemudik KA Tiba di Wilayah Daop 4 Semarang, Paling Banyak Stasiun Tawang

Jalur Mudik Pansela, Menteri PUPR: Pemandangan Indah dan Instagramable

Sabtu, 09 April 2022 | 21:18 WIB
header img
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono (Foto: Ist)

JAKARTA – Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa tahun ini dapat dimanfaatkan pemudik untuk pulang ke kampung halaman, selain jalur Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa. Pansela memiliki kelebihan pemandangan yang indah dan intagramable.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:

Aksi 11 April, Mahfud MD ke Aparat: Tidak Boleh Ada Kekerasan, Tidak Bawa Peluru Tajam

"Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa," kata Basuki saat meninjau Jalan Lintas Pansela di Wonogiri, Sabtu (9/4/2022).

Basuki menyatakan, Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 Km.

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," tutur dia.

Dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, Menteri Basuki berharap beban terbagi pada saat mudik. "Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," ujar Basuki.

BACA JUGA:

Pria Berjubah dan Anaknya Kembali Beraksi Bobol Kotak Amal

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut