Logo Network
Network

#STM Bergerak, Siswa STM Dilarang Ikut Demo 11 April

Bachtiar Rojab
.
Minggu, 10 April 2022 | 10:54 WIB
#STM Bergerak, Siswa STM Dilarang Ikut Demo 11 April
Ilustrasi unjuk rasa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan surat larangan bagi siswa SMK atau STM untuk mengikuti demonstrasi yang akan digelar besok Senin 11 April. Hal itu, menyikapi ramainya tagar di media sosial bertajuk 'STM Bergerak'. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristanto mengatakan pemerintah berkewajiban menjaga anak-anak, termasuk siswa SMK agar terhindar dari segala bentuk kekerasan. 

"Melindungi dan menjaga anak-anak dari kekerasan adalah amanat konstitusi yang merupakan tanggung jawab semua pihak," ujar Anang di Jakarta, Minggu (10/4/2022). 

BACA JUGA:

1.000 Mahasiswa Besok Kepung Istana Negara, Ini Pesan Mabes Polri

Anang mengimbau, seluruh jajaran pendidikan di masing-masing daerah termasuk orang tua agar menjaga anak-anaknya tidak terlibat pada aksi massa yang akan dilaksanakan besok. 

"Untuk menjaga keselamatan dan keamanan peserta didik SMK, Kemendikbudristek mengimbau kepada Dinas Pendidikan, para pendidik serta orang tua peserta didik SMK di wilayah Jabodetabek agar dapat mencegah keterlibatan anak-anak dalam aksi unjuk rasa pada tanggal 11 April 2022," ucapnya. 

BACA JUGA:

Aksi 11 April, Mahfud MD ke Aparat: Tidak Boleh Ada Kekerasan, Tidak Bawa Peluru Tajam

Lebih lanjut, unjuk rasa yang akan digelar besok menurutnya juga bertentangan dengan jam pelajaran yang digelar di sekolah.  "Selain itu, ajakan untuk mengikuti unjuk rasa pada saat jam belajar tidak sejalan dengan upaya pemenuhan hak anak untuk mendapatkan pendidikan," tuturnya. 

Kendati demikian, siswa SMK tetap bisa menyalurkan aspirasi. Namun, hal itu perlu dilakukan di bawah naungan ranah edukasi atau pendidikan serta di bawah pembinaan dari orang tua. 

"Penyampaian pendapat dan aspirasi peserta didik dapat disampaikan dalam ranah edukasi yang aman dan di bawah pembinaan para pendidik serta orang tua," tuturnya. 

BACA JUGA:

Ungkap Fakta! Video Klitih di Klaten Kasus Lama, Admin IG Minta Maaf

 

 

 

 

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kemendikbudristek Larang Siswa STM Ikut Demonstrasi 11 April 2022 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kemendikbudristek-larang-siswa-stm-ikut-demonstrasi-11-april-2022.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.