get app
inews
Aa Read Next : Profil Kombes Pol Iqbal Alqudusy 15 Tahun di Humas Polri, Kini Jabat Dirlantas Polda Aceh

Uang Asli vs Uang Palsu, Begini Detail Cara Bedakannya!

Minggu, 10 April 2022 | 13:02 WIB
header img
Ilustrasi uang palsu (Istimewa)

SEMARANG - Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, berharap masyarakat dapat membedakan uang asli dan palsu dari sejumlah ciri fisik yang ada pada uang tersebut.

Dikutip dari beberapa sumber, Kabidhumas menyebut tiga perbedaan uang asli dan palsu.

BACA JUGA:

Awas Uang Palsu Beredar Jelang Lebaran Idul Fitri, Kenali Modus Pelaku!

 

1. Perbedaan Warna

Walaupun sekilas warna antara uang asli dan palsu sulit dibedakan, tetapi ada baiknya Anda lebih teliti dalam melihat warna dari uang tersebut.

2. Perbedaan Bahan Baku

Uang rupiah asli memiliki bahan baku dari serat kapas. Rupiah asli juga dilengkapi dengan benang pengaman yang warnanya dapat berubah jika dilihat dari sudut pandang tertentu. Sementara, uang rupiah palsu tidak akan memiliki bahan baku yang tidak sama dengan bahan baku uang asli.

3. Tekstur Uang

Perbedaan uang asli dan palsu terlihat pada tekstur kertas. Pada uang asli yaitu kasar, terutama pada bagian lambang negara. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh pelaku pemalsuan uang. Sangat sulit meniru membuat tekstur kasar pada bagian lambang negara.

BACA JUGA:

Viral! Diduga Anggota DPR Tonton Video Porno saat Rapat Vaksin

 

Iqbal menambahkan, bila merujuk pada metode Bank Indonesia, terdapat panduan langkah untuk mengecek keaslian uang dengan metode 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang).

1. Dilihat

Lihatlah perubahan warna pada benang pengaman dan perisai logo Bank Indonesia pada pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Temukan juga perubahan warna angka pada pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp10 ribu. Misal warga masyarakat tidak menemukannya, patut dicurigai bahwa itu uang palsu.

2. Diraba

Pada uang asli, masyarakat akan merasakan tekstur yang kasar pada gambar utama, gambar lambang negara, dan angka nominal huruf terbilang. Tekstur kasar juga ada di frasa "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" dan frasa "BANK INDONESIA".

3. Diterawang

Arahkan uang pada cahaya. Pada pecahan tertentu, uang asli akan memunculkan gambar ornamen dan gambar pahlawan. Selain itu, masyarakat juga akan menemukan logo Bank Indonesia yang utuh.

BACA JUGA:

Ketika Seragam Kapolri Dicolong Maling, Jenderal Hoegeng: Dikiranya Baju Itu Penuh Emas

 

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut