get app
inews
Aa Read Next : TNI-Polri Ajak Masyarakat Awasi Pilkada 2024

Mengerikan! Kereta Gantung Tabrakan, 3 Orang Tewas dan Sebagian Bergelantungan di Kabel

Selasa, 12 April 2022 | 08:19 WIB
header img
Kecelakaan kereta jantung di Jharkhand, India, menewaskan sedikitnya 3 orang (Foto: Twitter)

NEW DELHI – Tiga orang tewas dalam kecelakaan mengerikan kereta gantung di India. Bukan hanya itu puluhan orang terjebak di kereta, sebagian lainnya terpaksa bergelantungan di kabel agar tak jatuh, bahkan ada yang loncat.

Dikutip dari AFP, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (10/4/2022) malam di tempat suci yang biasa didatangi peziarah Hindu. Tim penyelamat berusaha mengevakuasi para korban yang terjebak menggunakan helikopter militer.

BACA JUGA:

Kapolda Metro Jaya Sebut Massa Pengeroyok Ade Armando Bukan Mahasiswa

Sulitnya proses evakuasi menyebabkan penyelamatan berlangsung sangat lama, memakan waktu lebih dari 24 jam. Kejadian bermula saat para peziarah menggunakan beberapa kereta gantung hendak menuju puncak bukit Trikut, Distrik Deoghar, Negara Bagian Jharkhand.

Tiba-tiba tiga kereta saling bertabrakan, menyebabkan dua penumpang perempuan tewas seketika.  Selain itu 10 orang lainnya terluka parah. Dua penumpang di antaranya panik dan melompat dari kereta hingga mengalami luka serius.

BACA JUGA:

Ricuh! Tembakan Gas Air Mata Bubarkan Demo Ribuan Mahasiswa di Palembang

Setelah kecelakaan itu, 12 kereta lainnya berhenti menggantung membuat para penumpangnya terjebak. Seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan, kecelakaan itu disebabkan kendala teknis, namun penyebab pastinya belum diketahui. Kereta gantung tersebut dikelola perusahaan swasta, namun para staf melarikan diri pascakecelakaan.

 

 



Angkatan Udara India mengerahkan dua helikopter, yakni Mi-17 dan Mi-17 V5, untuk menyelamatkan para korban. Operasi penyelamatan juga melibatkan personel Komando Garud Angkatan Udara dan Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF).

Petugas dari Kepolisian Perbatasan Indo-Tibet juga terlibat dalam penyelamatan. Helikopter digunakan untuk mengevakuasi peziarah yang terjebak setelah keluar dari kereta, sementara drone dikerahkan untuk mengirim makanan dan minuman kepada korban lain yang antre menunggu dievakuasi.

BACA JUGA:

Babak Belur Dihajar Massa, Ade Armando Ternyata Ingin Buat Konten Aksi 11 April

Kantor berita PTI melaporkan, proses evakuasi berlangsung lama. Hingga 24 jam, hanya 22 orang berhasil diselamatkan dan masih ada 20 orang lagi yang menunggu. Kereta Gantung Trikut, terletak dekat Kuil Baba Baidyanath, merupakan fasilitas transportasi vertikal tertinggi di India serta populer di kalangan turis dan peziarah yang mengunjungi kuil.

Rute kereta sepanjang 766 meter dengan ketinggian bukit 392 meter. Ada 25 kereta di loaksi itu, setiap kabin bisa menampung empat orang.

BACA JUGA:

Sadis! Ade Armando Telanjang Tergeletak di Tanah, Ditendangi Massa

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut