get app
inews
Aa Read Next : Dear Pemudik Motor! Begini Cara Cek Oli Masih Aman atau Perlu Diganti

Bikers Wajib Simak! Perlukah Ganti Oli Usai Mudik Lebaran?

Jum'at, 13 Mei 2022 | 20:09 WIB
header img
Pengecekan oli sepeda motor usai digunakan perjalanan mudik Lebaran 2022. (Foto: Dok Honda)

SEMARANG Mudik Lebaran 2022 ini menjadi saat paling ditunggu karena dua tahun sebelumnya dilarang pulang kampung akibat badai pandemi Covid-19. Beragam moda transportasi hingga sepeda motor menjadi pilihan warga agar bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung.

Setelah menempuh perjalanan panjang pulang hingga kembali lagi ke perantauan, sepeda motor mesti dalam kondisi prima untuk menunjang mobilitas. Terutama bagi bikers yang menggunakan motornya sebagai transportasi mudik panjang tahun ini.

BACA JUGA:

Kakek 69 Tahun Nikahi Janda Kembang 19 Tahun, Benih Cinta Muncul di Sawah

Perlu diketahui bahwa mesin pembakaran dalam adalah satu-satunya sumber tenaga di sepeda motor. Tentunya membutuhkan oli untuk memperlancar kinerja dan melindungi keausan dari komponen-komponen yang bergerak dan bersinggungan dalam memproduksi tenaga.

Sebagai pelumas, oli juga memiliki peran menjaga suhu mesin dan membilas partikel dampak gesekan atau kotoran yang terperangkap di mesin untuk ditahan di filter oli. Tujuannya agar tidak ikut bersirkulasi sehingga sangat penting menjaga kualitas oli untuk keawetan mesin dan performanya.

BACA JUGA:

Pertemuan Tiga Ketum Kode Keras Koalisi Golkar, PAN, PPP di Pilpres 2024

Perjalanan mudik membuat mesin bekerja lebih lama dari biasanya. Berada konstan di RPM tinggi lebih lama, beban motor lebih berat akibat barang bawaan dan hambatan angin serta suhu lebih tinggi. Selain itu juga pengaruh cuaca dan dampak suhu panas yang ditimbulkan mesin motor serta mobil disekitarnya.

Setelah menempuh perjalanan mudik dan balik kembali, apakah perlu oli mesin itu diganti? Senior Instruktur Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, menjelaskan untuk mengetahui perlu ganti oli atau tidak, harus melalui pengecekan motor terlebih dahulu. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri oleh bikers.

BACA JUGA:

Golkar, PAN, PPP Koalisi Pilpres 2024, Zulhas: Kita Akhiri Pengalaman Sengketa Kemarin

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut