Logo Network
Network

FOTO: Khidmat Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Simpang Lima Semarang

Taufik Budi
.
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 12:19 WIB

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, berlangsung khidmat di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Sabtu (17/8/2024). Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, hadir bersama Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng dan mengikuti jalannya upacara yang dipimpin oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana.

Upacara dimulai dengan laporan perwira upacara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan Pengibar Bendera. Di bawah langit cerah Semarang, bendera Merah Putih berkibar gagah, mengingatkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa.

Momentum ini menjadi pengikat semangat persatuan di tengah kebersamaan berbagai elemen masyarakat yang hadir, termasuk Forkopimda Jateng, jajaran Kodam IV Diponegoro, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, serta perwakilan dunia usaha.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur Nana Sudjana menekankan bahwa tema HUT Kemerdekaan tahun ini, "Nusantara Baru, Indonesia Maju", mencerminkan tekad untuk mendorong Indonesia menuju kemajuan di segala aspek kehidupan.

Seiring dengan peringatan kemerdekaan, perhatian juga diarahkan pada kesiapan menghadapi tantangan keamanan ke depan, khususnya menjelang Pilkada serentak 2024. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, menekankan pentingnya sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Jawa Tengah.

“Kemerdekaan adalah hasil dari perjuangan bersama, dan tugas kita sekarang adalah menjaga serta mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Polda Jateng berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat, menjaga kedamaian dan keamanan, agar semua dapat menikmati buah dari kemerdekaan ini," jelas Kombes Pol Artanto.

Ia menambahkan bahwa menghadapi ancaman yang mungkin muncul menjelang Pilkada serentak 2024, kerjasama semua pihak menjadi kunci utama.

"Kebersamaan ini akan menjadi kekuatan dalam menghadapi segala bentuk ancaman, terutama dalam Pilkada serentak ke depan. Kita harus bahu-membahu menciptakan rasa aman," pungkasnya.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News

Bagikan Artikel Ini