Emak-Emak Bergerak UMKM Membiak, Pemkab Semarang: Bentuk Koperasi!

Enih Nurhaeni
Emak-Emak Bergerak UMKM Membiak, Pemkab Semarang: Bentuk Koperasi! (Foto: iNewsJoglosemar.id)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Jumlah UMKM di Kabupaten Semarang berkembang pesat hingga mencapai belasan ribu yang tersebar di berbagai tempat. Kebanyakan, UMKM itu dimotori oleh ibu-ibu atau emak-emak agar bisa menambah penghasilan keluarga.

Untuk itu, Pemkab Semarang melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) rutin melakukan pendampingan dan pembinaan. Kegiatan ini juga didampingi oleh Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) Kabupaten Semarang, untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku usaha.

Salah satu UMKM yang mendapat perhatian khusus adalah produsen tape ketan di Desa Tukang yakni SS Mubarok. Produk tape ketan ini dikenal dengan kualitasnya yang unggul dan telah menjadi ikon desa tersebut. Tape menggunakan pewarna alami dari daun katuk dan dibungkus menggunakan daun gayam.

Di samping itu, Duta Konveksi di Desa Sumberejo juga menjadi fokus pendampingan. Sebagai salah satu usaha konveksi yang berkembang di Kecamatan Pabelan, dengan melibatkan banyak emak-emak dari daerah sekitar.

Editor : Enih Nurhaeni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network