Jateng Konsentrasi Arus Mudik Tertinggi, Promosi Jalur Selatan Digencarkan

Binti Mufarida
Jasa Marga akan membatasi durasi pemudik yang mengunjungi rest area pada musim mudik lebaran 2022 selama 30 menit. (Foto: Ilustrasi/Angga Rosa)

JAKARTA - Jawa Tengah (Jateng) akan menjadi daerah konsentrasi mudik tertinggi pada mudik Lebaran 2022. Untuk itu, pemudik dapat mengatur jalur dan waktu dengan baik untuk mencegah kemacetan di Jawa Tengah.

“Jawa tengah merupakan konsentrasi arus mudik tertinggi dan pemerintah berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan jalur selatan untuk memecah konsentrasi dan mengurangi kemacetan,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dikutip dari akun media sosial pribadinya, Minggu (24/4/2022).

BACA JUGA:

Skenario Puncak Arus Mudik, Polisi Siapkan Tim Urai hingga Suplai BBM Motorik

Muhadjir juga menegaskan pemerintah pusat dan daerah terus berkoordinasi untuk mempersiapkan mudik Lebaran yang diperkirakan mengalami peningkatan jumlah pemudik yang tajam. Sekitar 85,5 juta pemudik diperkirakan pulang kampung di Lebaran tahun ini.

Untuk mengantisipasi kepadatan pemudik di jalur utama dan jalur Pantai Utara (Pantura), Menko PMK telah meminta pihak Polda Jateng mempromosikan jalur alternatif yakni di jalur Selatan dan jalur Pantai Selatan. 

BACA JUGA:

Kring Reserse On, Kapolda Jateng: Jangan Sampai Ada Perampokan dan Perampasan!

 

 

 

Dia meminta Polda Jateng menyiapkan berbagai fasilitas yang diperlukan di jalur Selatan. Hal ini juga sesuai dengan saran Presiden Jokowi agar memanfaatkan Jalur Selatan untuk pulang ke kampung halaman.

“Ini saya mohon Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) dan Pak Kapolda mengampanyekan terutama mereka yang tinggal di daerah dan kota di wilayah selatan sebaiknya menggunakan jalur Selatan,” ujar Menko PMK.

BACA JUGA:

Sopir Ngantuk Usai Sahur, Mobil Angkot Terjun ke Sungai Alur Jambe

Pengertian disiapkan, kata Menko Muhadjir, bukan hanya disiapkan jalan yang mulus, tetapi juga disiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Mulai dari rest area, warung kelontong, SPBU, dan kalau perlu juga ada jajanan serta makanan khas Jawa Tengah di rest area.

BACA JUGA:

Pengamanan Mudik Dimulai, Kapolda Jateng: Tidak Ada Penyekatan!

 

 

 

“Ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya Bapak Gubernur bagaimana kampanye sekaligus disiapkan, juga diiming-imingilah (masyarakat) untuk mau lewat jalur Selatan,” tuturnya.

Muhadjir mengatakan, masyarakat yang mudik ke kampung halaman memiliki niat untuk bergembira bersama keluarga dan sanak saudara. Untuk itu, persiapan tata kelola lalu lintas dan fasilitas-fasilitas yang diperlukan harus dimaksimalkan.

BACA JUGA:

Dor... Detik-Detik Menegangkan Oknum Polisi Ditembak Polisi

“Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan dan secepatnya ikuti vaksin booster. Semoga tahun ini kita dapat mudik lebaran dengan aman, lancar, sehat, dan menyenangkan. Aamiin,” tutur Muhadjir. 

BACA JUGA:

Bobol Brankas Majikan, Pria Ini Gagal Jadi Sultan Dadakan saat Lebaran

 

 

 

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network