Kisah Penyamaran Intel Kopassus, Mulai Tukang Durian hingga Jadi Mayat

Ajeng Wirachmi
Ilustrasi prajurit Kopassus (Ist)

2. Sebagai Sopir  

Masih berlatar peristiwa GAM di Aceh, salah satu prajurit Kopassus juga ada yang pernah menyamar menjadi sopir, yakni Letjen TNI (Purn) Sutiyoso. Berikut kisah penyamaran intel Kopassus sebagai sopir. Melansir Sindonews, Sutiyoso yang kala itu masih berpangkat mayor mendapat tugas menangkap petinggi GAM Hasan Tiro dan orang-orang lain yang ada di dekatnya.

Setelah beberapa lama tak dapat mengetahui keberadaan Hasan, Sutiyoso akhirnya berhasil mengendus keberadaan Hasan dari seorang juru masak. Namun, saat Sutiyoso hendak melakukan penyergapan, Hasan telah melarikan diri.

BACA JUGA:

Wanita Tewas Kelelahan di Hotel Melati, Pasangan Check In Menghilang

Tak putus asa, Sutiyoso terus menggali keterangan dan mengetahui bahwa Hasan mengutus Usman, Menteri Keuangan GAM, ke rumah seorang guru ngaji. Nantinya, guru ngaji tersebut akan mengantarkan Usman ke rumah seorang pengusaha di Lhokseumawe.

Dengan gerak cepat, Sutiyoso langsung menemui sang pengusaha dan mengaku sebagai pebisnis. Ia mengajak pengusaha tersebut datang ke kediamannya guna melakukan pembahasan lanjutan. Pengusaha tersebut setuju dan datang didampingi seorang sekretarisnya.

BACA JUGA:

Baku Tembak Geng Narkoba Lawan Polisi, 21 Orang Tewas Termasuk Perempuan

Saat tiba di rumah Sutiyoso, ia langsung menginterogasi pengusaha itu, didampingi Kapten Lintang Waluyo, yang merupakan seorang perwira intel. Mereka meminta keterangan terkait keberadaan Usman dan ternyata sedang berada di rumah kakaknya di Medan.

Sutiyoso berniat melakukan penangkapan seorang diri. Ia langsung berangkat ke Medan bersama pengusaha itu. Sesampainya di sana, Sutiyoso menjabarkan strategi yang akan ia gunakan dan meminta pengusaha tersebut untuk menjadikannya sebagai sopir.

Singkat cerita, Usman berhasil ditangkap dan banyak memberikan keterangan tentang keberadaan Hasan. Setelah digali, ternyata Hasan sudah melarikan diri ke Malaysia melalui pintu Utara yang tidak dijaga aparat.

BACA JUGA:

Ngamuk Diputus Cinta, Pemuda Ini Ancam Sebar Video Hubungan Seks dengan Mantan Pacar

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network