15.000 Warga Muhammadiyah Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah di Banjarnegara

Elis Novit
.
Minggu, 11 September 2022 | 21:03 WIB
15.000 Warga Muhammadiyah Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah di Banjarnegara (Ist)

BANJARNEGARA – Sebanyak 15.000 warga Muhammadiyah jalan sehat sambil pungut sampah di Banjarnegara Jawa Tengah. Kegiatan ini untuk mewujudkan masyarakat sehat sekaligus peduli lingkungan.

Jalan Sehat Gebyar  Muktamar Muhammadiyah diselenggarakan serentak di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Sementara di  Banjarnegara diikuti oleh 15.000 orang di antaranya juga disertai parade drumband  26 kontigen dari SD, MI, MTs, panti asuhan, dan siswa Bustanul Atfal ‘Aisyiyah.

Ketua Panitia Gebyar Muktamar Muhammadiyah Kabupaten Banjarnegara, Solihun, mengatakan, acara mengambil tema “Kami Siap Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta”.  Kegiatan ini memberikan ruang untuk apresiasi sekaligus kepedulian kepada masyarakat dengan bakti sosial kesehatan.

"Ini acara serentak, dan di Banjarnegara diikuti oleh 15.000 orang, dan kami lakukan dalam rangka Gebyar  Muktamar Muhammadiyah dengan berbagai kegiatan mulai posko kesehatan gratis hingga jalan sehat bebas sampah," ungkapnya, Minggu (11/9/2022).

Usai jalan sehat, ribuan warga memenuhi stand pemeriksaan kesehatan gratis. Di antaranya adalah Riska yang sengaja mengantre untuk kontrol kesehatan. Dia mengaku sangat terbantu dengan kegiatan sosial ini.

"Saya baru pernah cek kolesterol ternyata lumayan tinggi dan saya diberi obat sekaligus mendapatkan edukasi, merasa sangat terbantu," jelas Riska.

Acara juga dimeriahkan dengan Parade Seni dan Pasar Rakyat yang menghadirkan UMKM Warga Muhammadiyah. Kegiatan MPKU Bakti untuk Negeri diikuti oleh Amal Usaha Kesehatan di Banjarnegara yaitu Rumah Sakit Muhammadiyah Banjarnegara, Klinik PKU Muhammadiyah Merden dan Klinik PKU Muhammadiyah Kalibening.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto
Bagikan Artikel Ini