get app
inews
Aa Read Next : Komisi B Dorong KBTPH Tawangmangu Tingkatkan Hasil Panen Petani

KPK Tangkap Wakil Ketua DPRD Jatim, Gedung Wakil Rakyat Dijaga

Kamis, 15 Desember 2022 | 11:47 WIB
header img
KPK Tangkap Wakil Ketua DPRD Jatim, Gedung Wakil Rakyat Dijaga

SURABAYA, iNewsJoglosemar.id – KPK tangkap Wakil Ketua DPRD Jatim berinisial STS. Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan oleh tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu, 14 Desember 2022 malam.

"Benar, tadi malam, KPK lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di Surabaya Jatim," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. Rencananya, para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut akan langsung dibawa ke Jakarta.

"Saat ini tim KPK masih terus kumpulkan bahan keterangan. Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat," tandasnya.

Pantauan di lokasi, selain ruang kerja Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, KPK juga menyegel ruang Kasubag Risalah Sekretariat DPRD Jatim Afif. Namun, tidak diketahui Afif juga ikut dibawa KPK atau tidak. Sebab, informasinya Afif sedang ada kegiatan di Malang.

Sekretaris DPRD Jatim Andik Fadjar Tjahjono membenarkan kabar OTT KPK terhadap Wakil Ketua DPRD Jatim. Namun, dia tidak mengetahui prosesnya.

"Iya infonya benar (OTT KPK), sebab saya ada di luar kota, saya di Malang. Pak Afif masih ada (tidak dibawa KPK)," katanya.

Suasana gedung DPRD Jawa Timur (Jatim) tampak lengang pasca-Wakil Ketua DPRD Jatim terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tampak sejumlah petugas keamanan berjaga di sejumlah titik gedung. Terutama di pintu masuk.

Sejumlah orang yang hendak memasuki gedung wakil rakyat tersebut diwajibkan untuk menulis identitas di buku tamu sekaligus meninggalkan KTP maupun tanda pengenal lain.

Tidak ada satupun anggota DRPD Jatim yang tampak berada di gedung tersebut. Hanya terlihat sejumlah staf dan pegawai. Hal ini lumrah mengingat saat ini tidak ada agenda paripurna atau kegiatan kedewanan lainnya yang mengharuskan mereka datang ke gedung DPRD Jatim.

Sementara itu, di ruangan Wakil Ketua DRDP Jatim masih tertempel stiker segel dari KPK. Terdapat satu petugas keamanan yang sedang berjaga di depan ruangan tersebut. Di lorong ruangan Wakil Ketua DPRD Jatim itu juga terlihat sepi.

Sekadar diketahui, Wakil Ketua DPRD ini ditangkap pada Rabu (14/12/2022) sekira pukul 19.00 WIB.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut