get app
inews
Aa Read Next : Duh, Emak-Emak Tewas Tersengat Listrik saat Karaoke, Masih Pegang Mic

Serem! Air Waduk Sermo Kulonprogo Surut 8 Meter, Nisan Makam Bermunculan

Senin, 09 Oktober 2023 | 05:43 WIB
header img
Serem! Air Waduk Sermo Kulonprogo Surut 8 Meter, Nisan Makam Bermunculan (Foto: Budi Utomo)

KULONPROGO, iNewsJoglosemar.id – Air Waduk Sermo Kulonprogo surut 8 meter akibat musim kemarau panjang. Surutnya air membuat bekas makam berupa nisan hingga bekas rumahan nisan bermunculan di tengah waduk.

Waduk Sermo berlokasi di Pedukuhan Sermo Tengah, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Waduk menyusut di musim kemarau panjang yang terjadi sejak dua tiga bulan terakhir.

Sepetak lahan bekas makam terlihat di tengah Waduk Sermo setelah air surut hampir delapan meter. Dari kejauhan tampak beberapa nisan dan bekas rumahan nisan telah hancur meski masih ada yang utuh.

Kemunculan makam tersebut terjadi sejak Juli 2023. Munculnya makam terjadi secara perlahan seiring surutnya air waduk. Batu Nisan, fondasi semen makam yang sudah pecah dan beberapa batu bata terserak di dalam kawasan objek wisata bumi perkemahan (camping ground) taman gudang Sermo Tengah.

Daratan yang ditumbuhi rumput hijau terlihat seiring terus menurunnya elevasi air waduk pada musim kemarau panjang 2023 ini.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut