get app
inews
Aa Read Next : Pasutri Guru Besar UGM, Dukungan Cinta dan Dedikasi Penantian 10 Tahun Tidak Terasa Lama

Di UGM Yogyakarta IWCS Cyber Security Mentorship Cari Talent Muda Keamanan Siber

Jum'at, 10 November 2023 | 07:21 WIB
header img
WC menjalankan program women in cybersecurity mendorong anak perempuan dan perempuan untuk bisa berperan dalam membangun keamanan siber di Indonesia. Foto: ist

YOGYAKARTA. INewsJoglosemar. id- Indonesia Woman Cyber Security atau IWCSmerupakan perkumpulan nirlaba yang bermaksud akan menjalankan program women in cybersecurity bekerjasama dengan beberapa institusi pemerintah, akademisi dan swasta dengan tujuan mendorong anak perempuan dan perempuan untuk bisa berperan dalam membangun keamanan siber di Indonesia.

Pada tahun 2021 beberapa tokoh perempuan dari berbagai institusi dan industry keamanan siber di Indonesia berkumpul dan sepakat untuk membuat suatu gerakan yang dinamakan Indonesia Women in Cyber Security (IWCS). 

Program-program yang di laksanakan sesuai dengan tujuan dari IWCS yaitu;
Memberi wawasan mengenai keamanan siber keberbagai macam sasaran (Demografi, social, dan ekonomi), mendorong perempuan untuk memilih keamanan siber sebagai karier serta dapat mengubah persepsi pekerjaan di keamanan siber dan juga membantu lebih banyak perempuan untuk menjadi pemimpin di industri keamanan siber, memberdayakan Perempuan untuk bisa ikut berperan dalam peran keamanan siber, dengan memberikan akses informasi terhadap pendidikan dan kesempatan profesional yang ada.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka satu program kegiatan yang dilakukan IWCS adalah Cybersecurity Mentorship program.

Cybersecurity Mentorship program kali ini dilakukan dengan tema IWCS Cybersecurty Mentorship Program yang diselenggarakan pada 3 November 2023 di Aula Auditorium Fakultas MIPA – UGM Yogyakarta sebagai kick off program bekerjasama dengan Palo Alto Networks dan Universitas Gajah Mada.

IWCS Cybersecurty Mentorship Program merupakan kegiatan tahun kedua dimana IWCS sebelumnya juga pernah menyelenggarakan kegiatan mentorship dengan tema berbeda yaitu Indonesia Woman Leadership Mentorship Program ditahun 2022.

“Kegiatan IWCS Cybersecurity Mentorship Program dilakukan seminggu sekali dengan kegiatan zoom online oleh para pakar yang berkompeten sebanyak lima sesi . Setelah selesai kegiatan ini pun ada kegiatan kelulusan bagi mereka yang full mengikuti kegiatan ini selama program dilakukan,”ujar Intan Rahayu Founder IWCS yang juga Direktur Keamanan Siber dan Sandi Negara (BSSN) disela sela acara (3/11/2023).

Menurut Intan Rahayu, kuliah umum yang dilakukan  di FMIPA UGM adalah bagian literasi best practise perlindungan data pribadi, dan diharapkan banyak yang mengerti dan memahami bagaimana menjaga data pribadi maupun koleksi data pribadi yang dimiliki dan menekankan bahwa aspek keamanan data adalah hal yang paling utama dijaga.

kebocoran data bisa terjadi karena kurang awarenya kita terhadap data tersebut atau kerawanan pada sistem proses manajemennya sehingga terjadi penyusupan oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab. Dalam UU PDP juga mengingatkan pada semua pihak, bahwa perlindungan data juga wajib dilakukan bukan hanya pada hal yang bersifat elektronik. Pada hal yang bersifat manualpun wajib dijaga.

DekanFMIPA UGM, Prof. Dr. Eng. KuwatTriyana, M.Si, menyambut baik adanya kegiatan mentorship program terkait keamanan siber di kampusnya. Menurutnya kegiatan ini baru pertama kali dilakukan IWCS, namun mentorship untuk keamanan siber di Fakulta MIPA UGM sendiri sudah sering kali dilakukan dengan Center for Cryptography and Cybersecurity yang ada di lingkungan kampus dengan tujuan mempersiapkan para talenta talenta keamanan siber untuk kebutuhan  SDM DPO ( Data Protection Officer).

“Para Talenta yang kami  persiapkantentumenjawab DPO denganadanya UU PDP,” ujar KuwatTriyana menjelaskan seusai acara kepada wartawan (3/11/2023).

Adanya IWCS hadir kekampus FMIPA UGM menurut kuwat adalah sebuah misi yang inline dengan apa yang sedang dilakukan FMIPA dalam mempersiapkan diri membekali studi mahasiswa khususnya untuk masalah keamanan siber.

Menurut Kuwat, perkembangan ruang digital dimana kondisiarus data dilihat sudah cukup memperihatinkan, itu sebab mahasiswa khusus FMIPA harus lebih banyak dipersiapkan bisa menangani berbagai kasus agar lebih secure.

Pada tahap level awal FMIPA UGM butuh berbagai literasi tentang ilmu keamanan siber dari mereka yang memiliki kompetensi dan pengalaman.Hadirnya IWCS memberikan mentorship program adalah gayung bersambut bagi FMIPA UGM yang juga telah melakukan usaha khusus untuk memberi mahasiswa pengetahuan khusus untuk ilmu keamanan siber.

Hadirnya IWCS yang merupakankomunitas para wanita yang menjadipungggawakeamanansiber di Indonesia, mendapatapresiasikhusus oleh FMIPA UGM. “Kehadiran IWCS kekampus kami, tentu sangat kami apresiasi. Karena saat ini wanita pun banyak menjadi tokoh dalam menentukan pembangunan bangsa. IWCS mendorong kaum wanita menjadi subjek didalam dunia keamanan siber, walau diforum kali ini mahasiswa laki laki pun banyak juga yang hadir, karena keamanan siber penting diketahui semua orang,”ujar Kuwat.

Mahasiswa FMIPA UGM mayoritas wanita.  Apa yang didapat dari literasi yang membekali acara mentorship program di FMIPA UGM akan terus dikembangkan dan sosialisasika nbahkan bisa menjadi orientasi mahasiswa kemasyarakat saat mahasiswa KKN (KuliahKerjaNyata) di lapangan. 

“Ketika masyarakatawamsedangmemegang gadget dan melakukanaktifitas online, rata ratamerekatidaksadarsedangmengeksposedirinya pada pihaklain. Itusebabkedepan program KKN Mahasiswabisamemberikanedukasi dan sosialisasi pada masyarakatawam agar awareness keamanan data pribadiharusbenarbenardijaga,”ungkapKuwat. 

Cybersecurity mentorship adalah program buat para mahasiswadengantujuanmemberikanliterasitentangkeamanansiber. Program inimengajakmasyarakatluasprioritasnya para mahasiswa dan pelajarmengenaiapasajakeahlian orang orang yang ada dan dibutuhkan pada keamanansiber. 

Karena masalahkeamanansiberitucakupannyacukupluas, ditambahadanya UU PDP yang mensyaratkanbutuhnyaseorangData Protection Officer(DPO), dan kebutuhanakan DPO sangat banyakjumlahnyamencapairatusanribu yang dibutuhkan.

“Cara yang efektifmenjaring DPO tentu IWCS bekerjasamadengan universitas-universitas dan pihakpihak yang dapatmencetak para talent sesuaiprasyaratuntukmengisikebutuhan DPO di industri dan pemerintahan,”ujar Eva Noor, Ketua IWCS juga  CEO PT Xynexis International (3/11/2023).

Agar kesadaranakankeamanansibermenjadiluas, kali inikegiatan  IWCS membukalebarkesempatan juga pada semua genre (laki dan perempuan) tidakmengkhususkanhanyakaumperempuansajamemberikanliterasiilmupengetahuanlewat kick off IWCS Cybersecurity Mentorship Program di Aula serbagunaFakultas MIPA UGMYogyakarta.

IWCS membuka program mentorship cybersecurity untuksemuakalangan, dengantujuanseberapaminatmasyarakatterhadapkeamanansiber dan menjaga data pribadi. “Hal terpentingadalahmenumbuhkankesadaranmasyarakatluasbijakdalamber internet diruang digital, sertatahucaraamanmelakukanaktifitas online,” ujar Eva Ketuakomunitas Indonesia Woman Cybersecurity (IWCS).

Pengguna ruang digital online menurut data Kominfo hampir diatas 60 persen penggunannya adalah perempuan yang melakukan transaksi jual beli, konten kreatif diplaftform media sosial, maupun aktifitas pekerjaan lainnya. Untuk itu IWCS berharap pemberdayaan kaum perempuan pada sektor siber sekuriti perlu peningkatan signifikan dalam menjaga keamanan data. 

Kerjasama IWCS ke FMIPA UGM dan sekolah Madrasah Technonatura di Sleman adalah kerjasama IWCS yang dilakukan dengan perusahaan berbasis technology bernama Palo Alto Networks.

Dalam implementasi kegiatan dimasyarakat umum, IWCS mendapat suport dan dukungan oleh perusahaan teknologi Palo Alto Networks yang merupakan perusahaan cybersecurity multi nasional asal Amerika Serikat penyedia solusi keamanan siber.

Ketika orang akan membangun sebuah sistem informasi, maka pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana mengaman kan data. Data adalah sebuah hal yang sangat sensitif dan perlu dijaga dan di maintenance, agar tidak mudah disusupi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sisi lemah keamanan siber umumnya ada pada nak-anak dan wanita. Adanya IWCS tentu sesuatu yang sangat baik dalam mendorong awarenes dalamk egiatan edukasi dan sosialisasi keamanan siber pada semua orang . 

Terkait keamanan data pribadi biasanya yang paling sering melakukan kesalahan adalah anak anak dan ibu ibu. Itu sebab perlu adanya sosialisasi dan edukasi literasi agar masyarakat luas memahami pentingnya menjaga keamanan data pribadi.  Melihat maraknya kasus phising apk di sosial media seperti whatsapp dimana anak anak dan ibu ibu sering mengklik tanpa pertimbangan.

“Adanya kegiatan sosialisasi dengan IWCS seperti ini sangat bagus untuk edukasi dan harus terus dilakukan. Baik pada level pelajar pendidikan dasar dan menengah  hingga mahasiswa agar mereka melek siber sekuriti dan dampak teknologi yang mereka gunakan” ujar Defi  Nofitra, Director Strategic Business Regional ASEAN Palo Alto Networks menjelaskan disela sela acara (3/11/2023).


Untuk mendapatkan awareness dalam menjaga keamanan siber adalah komunikasi dan sosialisasi yang harus terusd ilakukan agar memperkecil dampak di arus data ruang digital saat ini. “Bila masyarakat melek IT, maka para pelaku dan penggiat keamanan siber jadi lebih mudah mensosialisasikan dengan tekhnologi yang ada.

Palo Alto Networks memiliki program Cyber Safe Kids yang memiliki program mendidik dan meningkatkan kesadaran pentingnya keamanan untuk anak-anak. “Khusus Indonesia memang baru dilakukan, untuk itu adanya kegiatan IWCS yang juga menyasar pada pendidikan dasar di madrasah TechnoNatura ini Palo Alto Networks dengan senang akan sangat mendukung,” ungkap Defi.

IWCS dari awal berdiri memiliki misi mengedukasi dan sosialisasi pada para perempuan dan anak anak. Kehadiran IWCS pada pendidikan dasar dan menengah di Madrasah Technonatura Sleman Yogyakarta adalah bentuk menumbuhkan kesadaran dan pencerahan pada anak anak usia dini, agar mereka dapat berinteraksi dengan dunia digital online secara aman.

Memberi wawasan dan sosialisasi pada anak-anak usia dini dalam bermain gadget didunia online atau internet adalah hal yang wajib mereka ketahui. Selain memberi arahan apa yang harus mereka telusuri yang baik di internet termasuk jangan sembarang meng klik hal hal yang berbahaya seperti phising apk di chat WA yang tidak diketahui, juga memberi penjelasan agar jangan mengekspose jatidiri ataupun foto foto agar terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan dan aman bagi mereka.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut