get app
inews
Aa Read Next : Jelang May Day, Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel

Kreatif! Wayang Kulit dan Sinden Elisha Orcarus Berkisah Seramnya Pinjol

Sabtu, 25 November 2023 | 19:59 WIB
header img
Kreatif! Wayang Kulit dan Sinden Elisha Orcarus Berkisah Seramnya Pinjol (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Pagelaran wayang kulit berkisah tentang seramnya pinjol (pinjaman online) yang saat ini marak terjadi di tengah masyarakat. Wayang edukasi itu semakin menarik dengan kedatangan sinden viral Elisha Orcarus.

“Sifat pinjaman online itu tidak perlu tatap muka, tidak ketemu, tidak pakai survei, tidak pakai agunan atau jaminan. Cukup pencet-pencet tombol HP kemudian mendapatkan uang,” kata Dalang Ki Mulyono saat pagelaran wayang kulit saat sesi Limbukan dengan lakon “Romo Tambak” di Kantor OJK Provinsi Jawa Tengah Jalan Kyai Saleh No. 12-14 Kota Semarang, Jumat 24/11/2023) malam.

“Dan satu lagi, bunganya sangat tinggi. Kenapa bunganya tinggi, karena tidak pakai survei tidak jaminan. Terus cara menagihnya luar biasa, juga mengintimidasi. Banyak kasus ada yang sampai bunuh diri karena pinjaman online, ada suami-istri bercerai, atau diusir dari rumah,” lanjutnya.

Hiburan rakyat dalam bentuk kesenian tradisional sengaja dibalut dengan muatan edukasi keuangan oleh OJK agar lebih menarik dan mudah dipahami masyarakat. Sekira 500 warga dari berbagai kalangan industri jasa keuangan, pemerintah daerah, dan masyarakat hadir dalam pertunjukan itu.

Kehadiran sinden Elisha Orcarus kian menambah kemeriahan pementasan Wayang Edukasi dalam rangka puncak rangkaian HUT ke -12 OJK Provinsi Jawa Tengah. Dengan banyolan-banyolan segar, Elisha Orcarus turut memberi edukasi keuangan.

“Berbagai kegiatan edukasi harus terus dilakukan secara masif, sehingga tingkat pengetahuan keuangan (tingkat literasi keuangan) dapat meningkat dan tidak ada lagi masyarakat yang tertipu investasi bodong maupun pinjol illegal,” kata Kepala OJK Regional Jawa Tengah dan DIY, Sumarjono.

“Dua hal yang akan selalu kami sampaikan dalam memilih industri keuangan mana yang akan digunakan oleh masyarakat yaitu legal atau terdaftar di OJK dan menawarkan imbal hasil yang logis,” imbuhnya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut