get app
inews
Aa Read Next : Jelang May Day, Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel

Wakil Rakyat Minta Bank Jateng Fokus Bantu UMKM, Terungkap Data Kredit Terus Meningkat

Senin, 04 Desember 2023 | 13:20 WIB
header img
Wakil Rakyat Minta Bank Jateng Fokus Bantu UMKM, Terungkap Data Kredit Terus Meningkat. Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Bambang Haryanto (Ist)

PEKALONGAN, iNewsJoglosemar.id – Komisi C DPRD Provinsi Jateng menyambangi Kantor Bank Jateng Cabang Pekalongan, Kamis (30/11/2023). Mereka melakukan monitoring dan evaluasi (monev) secara berkala, khususnya pembiayaan UMKM yang terbukti menjadi penggerak sektor ekonomi daerah.

Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Bambang Haryanto, mengatakan, kantor-kantor cabang Bank Jateng diharapkan senantiasa memberikan bantuan pembiayaan sektor UMKM di sekitarnya. Dengan catatat, menghindari kesulitan yang mungkin dialami UMKM dalam proses pengajuan kredit.

“Melihat dan mendengar laporan yang disampaikan kepada Komisi C hari ini, khususnya tentang pembiayaan UMKM yang cukup signifikan, kami sangat mengapresiasi dan hal itu perlu dipertahankan. Ternyata Bank Jateng hingga kini masih fokus pada UMKM yang merupakan roda penggerak perekonomian,” kata Bambang.

Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri, & Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Ony Suharsono, memastikan kinerja Bank Jateng secara umum terus mengalami pertumbuhan signifikan. Terlihat dari penyaluran kredit ritel dan UMKM yang terus mengalami pertumbuhan.

Pada 2022 angka kredit sebesar Rp 12,78 triliun dan hingga Oktober 2023 naik menjadi Rp15,15 triliun. Rasio non-performing loans (NPL/ kredit macet) pada 2022 sebesar 2,52% dan hingga Oktober 2023 sebesar 2,94%.

“Untuk Cabang Pekalongan dan Pemalang, juga bertumbuh sektor UMKM-nya, bahkan potensi kredit di pantura masih cukup bagus,” katanya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut