get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Rektor Undip Prof Yos Bicara Ibadah di Bidang Ilmiah

Senin, 12 Februari 2024 | 06:00 WIB
header img
Rektor Undip Prof Yos Bicara Ibadah di Bidang Ilmiah (Ist)

PEMALANG, iNewsJoglosemar.id – Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama mengungkapkan, kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) menjadi salah satu ibadah dalam bidang ilmiah. Sebab, dalam kegiatan KKN mahasiswa didorong untuk membantu warga sekitar, sekaligus mengajarkan cara hidup di tengah masyarakat.

"Kami turunkan mahasiswa KKN supaya mereka mengenal bagaimana hidup di masyarakat, tidak hanya di dalam kelas. Berikan yang terbaik, sesuai dengan kualitas Undip salah satu kampus terbaik di Indonesia," kata Prof Yos saat melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke salah satu lokasi tempat program KKN Tim I Undip Tahun Akademik 2023/2024 di Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Rabu (7/2/2024).

Monev KKN ini bertujuan mengamati dan mengevaluasi secara langsung hasil inovasi dan program kerja mahasiswa KKN yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Melalui KKN, dapat membangun pengalaman leadership dan tanggung jawab mahasiswa.

"Insya Allah dengan itu semua kita akan mendapatkan generasi muda Indonesia yang lebih baik. Kami mengucapkan terima kasih mahasiswa KKN Undip telah diterima dan difasilitasi dengan baik," tambah Prof Yos.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kabupaten Pemalang Gunawan Wibisono, menyampaikan, kehadiran mahasiswa Undip dapat menjadi jembatan antara perguruan tinggi dengan masyarakat dalam rangka membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan ini bukan hanya untuk menyelesaikan kewajiban kurikulum kuliah saja, namun ada juga proses transfer pengetahuan dan kemampuan kepada masyarakat sehingga memberikan manfaat yang nyata dan dapat dirasakan langsung oleh warga masyarakat," ungkap Gunawan.

Melalui program KKN, mahasiswa berkesempatan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang dipelajari di kampus untuk dipraktikkan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

"Kami telah melakukan monev kegiatan KKN, dan berdasarkan hasil monev para mahasiswa telah melakukan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat dan bersinergi dengan masyarakat di lokasi KKN," jelasnya.

"Kami percaya program KKN yang telah dilakukan memberikan efek positif bagi masyarakat khususnya program pemberdayaan masyarakat di lokasi KKN. Jadilah agen perubahan yang positif di tengah masyarakat, terus belajar dan tingkatkan diri, serta tetap terhubung dengan desa dengan menjalin komunikasi dan kerja sama agar program KKN dapat berkelanjutan. Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa karena telah berkontribusi positif terhadap pembangunan di Kabupaten Pemalang," terang Gunawan.

Senada dengan Sekretaris Bappeda Kabupaten Pemalang, Camat Warungpring Vivien Widyasari, mengucapkan terima kasih atas kontribusi mahasiswa selama menjalankan program KKN di desa di wilayah Kecamatan Warungpring dan di wilayah lainnya.

"Kami berharap ke depan kita bisa melanjutkan kerja sama pada agenda selanjutnya," ujar Vivien.

Kegiatan Monev program KKN Tim I Undip mengusung tema "Krida Bhakti: Gema Kreasi Diponegoro, Wujudkan Asa Gemilang Bumi Pemalang". KKN ini diikuti sebanyak 484 mahasiswa yang tersebar di 6 Kecamatan (Watukumpul, Warungpring, Belik, Moga dan Pulosari, Randudongkal) di Kabupaten Pemalang.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut