get app
inews
Aa Read Next : Moderasi Beragama Tak Dipikul Sendiri Kemenag, Jokowi Sudah Teken Perpres

Jokowi Minta Sri Sultan Hamengkubuwono X Fasilitasi Pertemuan dengan Megawati

Senin, 12 Februari 2024 | 16:31 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X saat memberikan keterangan pers (FOTO:DOK/SINDONEWS)

YOGYAKARTA, iNewsJoglosemar.id- Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengonfirmasi kabar bahwa dia telah diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memfasilitasi pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Kabar tersebut awalnya diungkap oleh pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie.

Ditemui di kompleks Kepatihan pada Senin sore, Sultan membenarkan kabar bahwa Jokowi meminta bantuan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati.

Sultan mengatakan bahwa permintaan itu disampaikan oleh Jokowi saat berkunjung ke kediamannya di Keraton Kilen, Kompleks Keraton Yogyakarta, pada 28 Januari 2024. Saat ini, Sultan masih bersikap pasif karena belum ada arahan lebih lanjut dari Jokowi.

Namun demikian, Sultan siap membantu memfasilitasi pertemuan keduanya jika ada permintaan. Mengenai ide atau inisiatif terkait pertemuan dua tokoh nasional tersebut, Sultan menegaskan bahwa bukan dari dirinya, melainkan dari Jokowi. Sultan juga tidak akan mengejar Jokowi untuk memastikan kapan pertemuan itu akan terjadi.

 "Bu Connie Bakri menyebut pertemuan Jokowi dengan Megawati difasilitasi saya? Betul, tapi saya menunggu presiden. Saya akan memfasilitasi jika presiden memerlukan saya, jika tidak, tidak apa-apa. Mengenai pernyataan Jokowi minta ngarso dalem? Berarti bukan saya yang ambil inisiatif, melainkan presiden. Apakah perlu bertemu dengan mbak Mega yang saya fasilitasi? Jika bisa bertemu sendiri, Alhamdulillah. Jika saya bersikap pasif dan presiden tidak mengizinkan, saya tidak akan melangkah. Saya bersikap pasif, tidak mengusik-ngusik," ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut