get app
inews
Aa Read Next : Bangun PLTMH di Pucuk Kendal, PLN Indonesia Power UBP Semarang Dipuji Wapres

Wartawan Okezone Taufik Budi Juara dalam PLN Journalist Awards 2023

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:20 WIB
header img
Wartawan Okezone Taufik Budi Juara dalam PLN Journalist Awards 2023 (Ist)

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id - M Taufik Budi Nurcahyanto, seorang wartawan Okezone.com, berhasil meraih juara dalam PLN Journalist Awards 2023. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam acara yang berlangsung di Kantor Pusat PLN, Jakarta, pada Rabu (20/3/2024). 

PLN Journalist Awards 2023 mengangkat tema "Energi Ramah Lingkungan Membangun Keberlanjutan dan Tingkatkan Kesejahteraan". Kompetisi ini melibatkan 1.120 karya jurnalistik dari seluruh pewarta di Indonesia.

PLN Journalist Awards merupakan kompetisi karya jurnalistik bagi insan pers yang digelar setiap tahun oleh PLN. Adapun karya jurnalistik yang dilombakan telah dimuat sepanjang 2023. 

Ajang ini dibagi ke dalam enam kategori karya, yaitu Karya Tulis Hard News, Karya Tulis Feature, Karya Audio Visual Hard News, Karya Audio Visual Feature, Karya Foto Tunggal, dan Karya Foto Cerita.

Dalam ajang ini, karya Taufik Budi mengambil judul "Kolam Rob Indonesia Power Bertransformasi Jadi Pembangkit Listrik Cerdas". Pemberitaan ini mengangkat langkah cerdas PT PLN Indonesia Power (IP) Semarang Power Generation Unit (PGU) menghadirkan solusi inovatif untuk mengatasi masalah banjir rob di pesisir Semarang.

Kolam penampungan air tak hanya melindungi wilayahnya dari gelombang laut pasang tetapi juga berfungsi sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT). Kolam seluas 9.957 m2 tersebut kini menjadi pembangkit listrik cerdas yang memanfaatkan tenaga matahari.

Berikut daftar pemenang PLN Journalist Award 2023:

Karya Tulis Hard News
Juara I: Anton Chrisbiyanto - Sindonews.com
Juara 2: M. Taufik Budi Nurcahyanto - Okezone.com
Juara 3: Agus Pujianto - Tribun Pontianak

Karya Tulis Feature
Juara I: Ismail Zakaria & Aditya Putra Perdana - Harian Kompas/Kompas.ID
Juara II: Khairul Anam - Majalah Tempo
Juara III: Ema Fitriyani - Kumparan

Karya Audio Visual Hard News
Juara I: Gancar Wicaksono - CNN Indonesia
Juara II: Ryan Rahman - Inews TV
Juara III: Ramaluddin - Kompas TV

Karya Audio Visual Feature
Juara I: Satriyo Adi Wicaksono - CNN Indonesia
Juara II: Lintang Pudyastuti - Kompas TV
Juara III: Kenia Gusnaeni, Sekar Larasati, Sri Asih Rizky, Rivan Wahyu - Rajawali TV

Karya Foto Tunggal
Juara I: Arie Basuki - Merdeka.com
Juara II: Rizki Syahputra - Rakyat Merdeka
Juara III: Nyoman Hendra Adhi Wibowo - Antara Foto

Karya Foto Cerita
Juara I: Raisan Al Farisi - Antara Foto
Juara II: Muchtamir - SindoMakassar.com
Juara III: Dhana Kencana - IDN Times

Tahun ini, PLN Journalist Award 2023 melibatkan dewan juri mulai Pemimpin Redaksi Kumparan Arifin Asydhad, Pemimpin Redaksi Detik.com Alfito Deanova Ginting, Pemimpin Redaksi IDNTimes Uni Lubis, Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Riky Handayani.

Kemudian, juga Jurnalis Senior Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Retno Pinasti, Direktur Konten dan Pemimpin Redaksi Narasi TV Zen RS, Fotografer Senior Arbain Rambey, Fotografer Senior Oscar Motuloh, dan Fotografer Senior Adek Berry.

Energi Bersih

Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kekompakan dan kebersamaan antara PLN dan jurnalis dalam memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat. Selama tahun 2023, terdapat lebih dari 174 ribu pemberitaan tentang PLN yang dimuat di lebih dari 4,5 ribu media.

"Jurnalis telah banyak membantu perseroan dalam memberikan edukasi dan menyampaikan informasi upaya heroik PLN dalam menghadirkan energi bersih bagi masyarakat," ujar Darmawan. 
 

Darmawan menyampaikan PLN berhasil meraih 12 penghargaan, dan dinobatkan menjadi Best of the Best Communications dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024. Prestasi PLN itu juga disebut atas partisipasi awak media yang memberitakan PLN secara positif.

Transformasi proses bisnis PLN dalam tiga tahun terakhir juga mencakup sektor komunikasi. Bahkan, sekarang tim komunikasi PLN jauh lebih responsif, narasinya akurat dan efektif, serta hubungannya dengan jurnalis semakin erat.

PLN juga memberikan penghargaan kepada para pemimpin redaksi media massa yang telah mendukung PLN dalam mengedukasi dan menyampaikan informasi terkait pengembangan kelistrikan di Indonesia yang ramah lingkungan.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut