get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Jurus Balai Bahasa Jateng Dekatkan Bahasa Jawa ke Siswa

Jum'at, 08 Maret 2024 | 14:34 WIB
header img
Jurus Balai Bahasa Jateng Dekatkan Bahasa Jawa ke Siswa (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tingkat Sekolah Dasar (SD) pada 5—10 Maret 2024 di kantor BBPJT, Jalan Diponegoro 250, Ungaran. Sebelumnya Bimbingan Teknis Pengajar Utama RBD Tingkat SMP digelar pada Rabu, 28 Februari hingga Senin, 4 Maret 2024.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, mengatakan bahwa revitalisasi bahasa daerah dilakukan sebagai bentuk penguatan bahasa daerah. Fokus utama revitalisasi bahasa daerah di Jawa Tengah ini adalah bahasa Jawa.

“Mudah-mudahan yang kita usahakan atau kita upayakan bersama ini menjadi komitmen kita dalam menjaga bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa," kata Syarifuddin saat membuka acara di Balairung Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada 5 Maret 2024.

Syarifuddin menuturkan bahwa segenap komponen pendidik, termasuk guru, dan narasumber menjadi pembimbing dalam penguatan bahasa daerah.

“Pembinaan bahasa daerah berarti bagaimana Bapak dan Ibu guru mengajarkan bahasa daerah kepada peserta didik. Guru mendekatkan bahasa daerah itu kepada penutur muda. Itulah yang disebut sebagai pembinaan,” lanjutnya.

Syarifuddin juga menjelaskan alasan siswa menjadi sasaran dalam program revitalisasi bahasa daerah.

"Dalam menekan laju kemunduran bahasa daerah, mengapa sasarannya siswa. Karena inilah nanti anak-anak menjadi harapan kita untuk mempertahankan bahasa daerahnya,” tegasnya,

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut