get app
inews
Aa Read Next : Senangnya Mama Muda Terima Bantuan Sayuran Segar dari Mutiara

TNI Hadapi Massa Beringas Pilkada Serentak dalam Latihan Kesiapsiagaan

Jum'at, 05 Juli 2024 | 13:29 WIB
header img
TNI Hadapi Massa Beringas Pilkada Serentak dalam Latihan Kesiapsiagaan (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Kodam IV Diponegoro bersama pasukan gabungan menggelar latihan kesiapsiagaan operasional yang melibatkan simulasi pengendalian massa beringas selama Pilkada serentak 2024. Latihan ini menggambarkan skenario dua kelompok massa dengan tuntutan berbeda melakukan aksi anarki.

Kelompok massa pertama menuntut Pilkada ulang, sementara kelompok kedua meminta segera dilakukan pelantikan pemenang Pilkada. Untuk mencegah bentrokan antar kelompok, TNI dan polisi memecah massa ke arah berbeda. Meski demikian, kedua kelompok tetap bersikeras pada tuntutan mereka dan bertindak anarkis.

Massa menyerang petugas dengan lemparan botol dan air serta berusaha menerobos barikade. Meski telah disemprot dengan air water cannon, massa tetap bertahan dan menolak bubar demi menyampaikan tuntutannya.

"Kami memastikan bahwa tindakan pengendalian massa dilakukan sesuai prosedur dan mematuhi hak asasi manusia," ujar Kapendam IV Diponegoro, Letkol Inf Andy Soelistyo, kepada awak media, Jumat (5/7/2024).

Petugas gabungan akhirnya mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan tembakan berkali-kali untuk membubarkan massa. Meski demikian, ditegaskan bahwa tidak ada penggunaan peluru tajam dalam latihan ini maupun saat pengendalain massa nanti.

"Seluruh prajurit di garis depan tidak menggunakan munisi tajam. Alat-alat yang digunakan bersifat persuasif untuk menangani massa anarkis," kata Kapendam.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut